Kamis, 2 Mei 2024

Olimpiade Nasional Dorong Ribuan Siswa SD-SMP Adu Kemampuan Matematika hingga Bahasa Inggris

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Peraih juara Olimpiade Nasional (Omnas) 2023 yang melombakan mata pelajaran matematika, sains dan bahasa Inggris di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Minggu (17/12/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 7.050 finalis Olimpiade Nasional (OMNAS) 2023 dari siswa SD-SMP beradu kemampuan dalam mata pelajaran matematika, sains dan Bahasa Inggris di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada Minggu (17/12/2023).

Olimpiade yang digelar oleh Emerald Education Center (EEC) itu diikuti oleh sekolah yang berasal dari 34 kota/kabupaten di Jatim dan beberapa provinsi lainnya di Indonesia.

“Diselenggarakan kompetisi ini, dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memberikan sumbangsih kepada bangsa Indonesia, agar bisa menyiapkan generasi bangsa yang tangguh, hebat dan berprestasi,” kata Andreas Direktur ECC di Unesa.

Pembacaan juara lomba Olimpiade Nasional (Omnas) 2023 di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Minggu (17/12/2023). Foto: Risky/suarasurabaya.net

Ia mengatakan, peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan merupakan hal yang penting untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan serta ketrampilan dalam dunia akademik.

Selain itu, juga untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, mendunia, serta menciptakan siswa-siswa Indonesia yang berkarakter.

“Olimpiade ini juga bertujuan untuk mengembangkan daya kreatifitas, berpikir kritis dan inovatif. Sehingga, Omnas bisa memberikan wadah bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya,” terangnya.

Seperti diketahui, olimpiade itu dilaksanakan dengan tiga tahapan, yakni mulai dari penyisihan kota yang digelar di masing-masing kota dan kabupaten, kemudian final provinsi digelar di masing-masing provinsi dan grand final.

Para siswa SD-SMP peserta Olimpiade Nasional (Omnas) 2023 saat menunggu pengumuman juara di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Minggu (17/12/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Untuk seleksi final provinsi sendiri, diselenggarakan di 14 Provinsi di Indonesia mulai Jawa, Bali, Kalimantan hingga Sumatera. Sedangkan untuk Jatim diselenggarakan Unesa.

Ia berharap, melalui ajang olimpiade tersebut, bisa memberikan pengalaman berharga untuk siswa-siswi dan membangkitkan semangat untuk belajar lebih giat lagi.

“Sehingga, bisa melahirkan para juara baru di dunia pendidikan agar bisa lebih berprestasi lagi di olimpiade-olimpiade mendatang untuk level nasional maupun internasional,” pungkasnya. (ris/and/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs