Jumat, 29 Maret 2024

Operasi Ketupat 2023 Polda Jatim Sukses Tekan Fatalitas dan Kecelakaan di Atas 50 Persen

Laporan oleh Eddy Prastyo
Bagikan
Irjen Pol Toni Harmanto Kapolda Jawa Timur (dua dari kiri) dan Eddy Prastyo Manager Produksi Suara Surabaya Media (tiga dari kiri) bersama seluruh jajaran Polda Jatim saat giat Anev Siskamtibmas periode Maret-April, di Jember Jawa Timur, Rabu (10/5/2023). Foto: Eddy Prastyo suarasurabaya.net

Operasi Ketupat 2023 yang digelar Polda Jawa Timur (Jatim) selama momen mudik Lebaran hingga arus balik dinyatakan berhasil menekan angka fatalitas dan jumlah kecelakaan, berasarkan hasil data analisis dan evaluasi (Anev).

Kombes Pol M Taslim Chairuddin Dirlantas Polda Jatim mengungkapkan, operasi yang digelar pada periode 17 April-1 Mei 2023 tersebut bahkan mendapatkan catatan positif dan apresiasi dari seluruh jajaran di Mabes Polri.

“Tahun ini kita mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas dibanding tahun 2022. Ada penurunan (rata-rata per hari) sembilan kejadian kalau diprosentasekan dengan angka jadi satu persen. Memang kecil angka satu persen ini, tapi kalau dilihat dari mobilitas masyarakat yang sangat tinggi di Jatim hingga meningkat sampai angka 34 persen, maka angka satu sangat tinggi sekali,” ungkap Taslim kepada suarasurabaya.net usai giat Anev Siskamtibmas periode Maret-April, di Jember Jawa Timur, Rabu (10/5/2023).

Dirlantas Polda Jatim itu menyampaikan kabar menggembirakan lainnya, adalah operasi tersebut mampu menyelamatkan nyawa manusia hingga 53 persen.

“Jadi fatalitas kecelakaan ada, tapi tidak sampai menimbulkan korban yang fatal. Penurunannya sampai 56 persen,” imbuhnya.

Taslim menjelaskan, berdasarkan rate risk, per seribu dari 21,2 juta orang yang masuk ke Jatim selama operasi berlangsung, berhasil terselamatkan sekitar 360 orang untuk tidak menjadi korban fatal dari kecelakaan lalu lintas.

Adapun faktor kecelakaan, menurut dia, beragam mulai dari faktor manusia, infrastruktur jalan, kendaaran hingga faktor alam.

“Untuk mencegah (kecelakaan) tentunya tetap aa, kita menghadirkan personel di lapangan. Langkah preemtif (imbauan), prefentif (pencegahan) dan represif (menekan) yang kegiatannya di lapangan meningkat sangat tajam, sekitar 100 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu,” bebernya.

Sebagai infomasi, dalam Operasi Ketupat 2023, Polda Jatim mengerahkan sebanyak 19.154 personel gabungan dan 276 pos disiagakan untuk pengamanan momen Lebaran.

Sejumlah lokasi vital di Jatim pun turut menjadi prioritas pengamanan. Antara lain 75 terminal, 102 pelabuhan, enam pelabuhan, 87 stasiun, 507 lokasi wisata, dan 718 tempat perbelanjaan.

Target operasi ketupat 2023 ini antara lain menurunkan jumlah kecelakaan dan fatalitas korban, lancarnya distribusi logistik dan BBM, kemudian lancarnya distribusi arus jasa. (edy/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs