Jumat, 3 Mei 2024

Parade Surabaya Juang Didaftarkan ke Kharisma Event Nusantara

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya waktu ditemui usai mengikuti rangkaian acara Parade Surabaya Juang, Minggu (5/11/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana mendaftarkan “Parade Surabaya Juang” ke Kharisma Event Nusantara (KEN), di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Karena Parade Juang ini sudah kita daftarkan ke pariwisata, jadi InsyaAllah ada Parade Bunga dan Parade Juang. Jadi tahun depan bisa masuk ke dalam agenda nasional (KEN),” kata Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Minggu (5/11/2023).

Wali Kota Surabaya itu menyatakan, Parade Juang ini menjadi momen setiap tahun bagi masyarakat untuk mengingat dan mencontoh semangat perjuangan para pahlawan.

“Karena itu saya mohon kepada masyarakat Surabaya untuk berjuang bersama dengan tetap bersatu memegang tali silaturahim bangsa dan negara,” ujarnya.

Rombongan peserta Parade Surabaya Juang membawa bingkai foto-foto para pahlawan Indonesia, Minggu (5/11/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net
Rombongan peserta Parade Surabaya Juang membawa bingkai foto-foto para pahlawan Indonesia, Minggu (5/11/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Parade Surabaya Juang itu pun sudah melewati tahap verifikasi ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sebelum nantinya dinilai lebih lanjut oleh Kemenparekraf.

Kata Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, setiap daerah memiliki satu jatah untuk mengusulkan event lokalnya ke KEN.

“Sudah, jadi kemarin itu sudah diverifikasi oleh provinsi dan provinsi sudah diusulkan ke Kementerian,” ujar Wiwiek.

Pada tahun 2022 sebelumnya, Pemkot Surabaya telah mendaftarkan Event Rujak Uleg di KEN Kemenparekraf dan berhasil melewati tahap verifikasi. Sehingga menjadi event nasional milik Surabaya.

Sehingga, Pemkot Surabaya berpotensi memiliki dua event nasional apabila Parade Surabaya Juang berhasil memenuhi kriteria penilaian KEN Kemenparekraf.

“Baru dua (yang didaftarkan KEN). Kemarin itu Rujak Uleg, terus tahun depan kami usulkan Parade Surabaya Juang,” tutur Wiwiek. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs