Minggu, 28 April 2024

Pastikan Pasokan Listrik Malam Natal Aman, Direktur Distribusi Tinjau Langsung Kesiapan PLN Jatim

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Adi Priyanto Direktur Distribusi PLN saat melakukan peninjauan di Posko Siaga Natal 2023 dan Tahun Baru. Foto : PLN

Adi Priyanto Direktur Distribusi (DirDist) PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik saat malam Natal 2023 di Jawa Timur tetap aman.

Hal tersebut diungkapkan DirDist PLN waktu meninjau langsung kesiapan kelistrikan termasuk di posko siaga PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur (UID Jatim) dengan melihat langsung kesiapan kelistrikan di PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jatim.

“Alhamdulillah pada malam natal tahun ini di seluruh Indonesia tidak ada yang defisit. Saya berterima kasih kepada teman-teman yang bekerja di lapangan, sehingga sistem kita aman dan handal, terutama dalam menjaga di tempat ibadah untuk malam ini dan besok di Jawa Timur,” ungkap Adi dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Senin (25/12/2023).

DirDist PLN itu kemudian mengapresiasi kesiapan siaga yang telah dilakukan PLN di Jawa Timur. Namun, juga mengingatkan kepada petugas PLN akan kelengkapan peralatan kerja, material dan APD serta selalu mentaati SOP Keselamatan Kerja dan Kesehatan dalam bekerja.

Sementara Agus Kuswardoyo General Manager PLN UID Jatim menyampaikan, kelistrikan di Jatim dipastikan aman dan siap selama momen Natal.

“Daya mampu sistem kelistrikan UID Jawa Timur 9.672 MW dengan beban puncak tertinggi 6.686 MW sehingga terdapat cadangan daya 2.986 MW. Realisasi beban puncak malam Hari Raya Natal sebesar 5.654 MW, terjadi kenaikan 7,35 pers jika dibandingkan tahun lalu sebesar 5.267 MW dan 25 sistem isolated terpantau aman,” terang Agus.

Peninjauan Kesiapan Listrik oleh Tim PLN di Posko Siaga Nataru UID Jatim. Foto: PLN

PLN telah menetapkan sebanyak 726 lokasi prioritas pengamanan yang terdiri dari 332 rumah ibadah, 71 lokasi zona transportasi, zona pemerintahan 52 lokasi, zona pertahanan 72 lokasi, rumah sakit 102 lokasi, lokasi wisata 43 lokasi dan pusat perbelanjaan sebanyak 54 lokasi.

Adapun yang menjadi prioritas siaga berjumlah 37 Lokasi yang terdiri dari 18 Lokasi Rumah Ibadah, 3 Lokasi Pusat Perbelanjaan, 8 Lokasi Wisata, 4 Lokasi Zona Transportasi, 2 Lokasi Zona pertahanan, 1 Lokasi Zona Pemerintahan dan 1 Lokasi Rumah Sakit Rujukan.

“Salah satu lokasi rumah ibadah yang menjadi prioritas adalah Gereja Bethany yang akan menjadi tempat Perayaan Natal Nasional 2023 dengan dihadiri oleh Presiden RI sudah kami persiapkan segala kebutuhan Listrik dan diperkuat dengan UPS 2 x 250 kVA serta Genset 1 x 2.000 kVA,” ujar Agus.

Selain itu, sebanyak 4.782 personel PLN yang dilengkapi dengan peralatan pendukung antara lain 88 unit Genset Mobile, 199 Unit Gardu Bergerak (UGB), 49 unit UPS, 388 mobil yantek, 14 unit mobil crane, 16 unit skylift dan 452 sepeda ULC akan siaga untuk mengamankan kelistrikan selama nataru.

Melalui Check Point Kesiapan Siaga Malam Natal 2023 yang berlangsung online dengan 16 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan 112 Unit Layanan Pelanggan (ULP). (and/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs