Jumat, 19 April 2024

PBB Sebut Jalur Gaza Tempat Paling Bahaya di Dunia bagi Anak-Anak

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Seorang anak perempuan terlihat di sebuah kamp yang berafiliasi dengan Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, pada 1 November 2023. Foto: Xinhua Seorang anak perempuan terlihat di sebuah kamp yang berafiliasi dengan Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, pada 1 November 2023. Foto: Xinhua

Ribuan anak-anak Palestina tewas dalam serangan Israel di Jalur Gaza, kata pejabat PBB menyebut Gaza sebagai tempat paling berbahaya di dunia bagi anak-anak.

“Lebih dari 5.300 anak-anak Palestina dilaporkan tewas hanya dalam 46 hari … atau lebih dari 115 anak per hari, setiap hari, selama berminggu-minggu. Berdasarkan angka ini, 40 persen kematian di Gaza dialami oleh anak-anak. Ini belum pernah terjadi sebelumnya.”

“Dengan kata lain, Jalur Gaza adalah tempat paling berbahaya di dunia bagi anak-anak,” kata Catherine Russell Direktur Eksekutif Dana Anak-anak PBB (UNICEF) dalam pengarahan Dewan Keamanan PBB tentang perlindungan anak-anak di Gaza.

Dilansir dari Antara pada Kamis (23/11/2023), Russell mengatakan anak-anak Gaza berada pada “risiko ekstrem” dari kondisi kehidupan yang buruk selain diserang dengan bom, roket dan tembakan.

“Dampak kekerasan yang dilakukan terhadap anak-anak sangat besar, tidak pandang bulu, dan tidak proporsional,” kata dia, seraya menekankan bahwa jeda kemanusiaan “tidaklah cukup.”

“UNICEF menyerukan gencatan senjata kemanusiaan darurat untuk segera menghentikan pembantaian ini.”

“Kami khawatir eskalasi militer lebih lanjut di selatan Gaza akan memperburuk situasi kemanusiaan di sana… menyebabkan lebih banyak pengungsian… dan menekan penduduk sipil ke wilayah yang lebih kecil. Serangan terhadap wilayah selatan harus dicegah,” tambahnya. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs