Jumat, 29 September 2023

PBNU Akan Menggelar Tasyakuran 1 Abad NU di Pesantren Tebuireng

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Lokasi ke area Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur lewat pintu makam. Foto: Antara

PBNU akan menggelar tasyakuran peringatan 1 Abad NU di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang akan digelar di halaman depan pesantren, Kamis malam.

Teuku Azwani, pengurus Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, mengemukakan persiapan menyambut kegiatan tasyakuran 1 Abad NU di Pesantren Tebuireng sudah dilakukan termasuk pendirian tenda.

“Ada tenda. Nanti yang hadir dari jajaran PBNU, ada juga empat anak yang di acara 1 abad NU itu,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (16/2/2023).

Kegiatan tasyakuran itu akan berlangsung pada Kamis malam, dimulai dengan istigatsah dan tahlil. Dalam acara itu, juga akan diputar video perjalanan 1 abad NU.

Selain itu, juga terdapat lantunan selawat Asyghil oleh empat pelantun cilik yakni Azzam Nur Mukjizat, Majda, Yasmin Najma Falihah, dan Sayed Hasan Syauqi Alaydrus.

Dalam acara itu, sejumlah kiai dan tamu undangan lainnya dijadwalkan akan hadir, di antaranya K.H. Mustofa Bisri, K.H. Nurul Huda Djazuli, K.H. Husein Ilyas, dan beberapa kiai lainnya. Mereka juga akan menyampaikan harapan kepada para masyayikh untuk abad ke-2 NU.

Selain akan dihadiri Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf atau yang akrab disapa Gus Yahya, juga akan hadir Rais Am PBNU K.H. Miftachul Achyar dan beberapa tamu undangan lainnya.

Azwani juga menambahkan panitia telah menyebar undangan. Kendati ratusan undangan disebar, dimungkinkan saat tasyakuran 1 Abad NU banyak yang ikut hadir ke Pesantren Tebuireng, Jombang.

Dalam acara itu, panitia menyebar undangan sekitar 300 orang. Namun, dimungkinkan yang akan datang ke Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang akan lebih banyak lagi dari jumlah undangan yang telah disebar.

Selain itu, menjelang acara yang akan berlangsung tersebut, arus lalu lintas menuju ke Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang juga akan dialihkan. Hal ini mengantisipasi terjadinya kemacetan terutama saat acara hendak berlangsung.

“Nanti menjelang sore sudah ada pengalihan arus. Ini dilakukan, karena kemungkinan akan macet lalu lintasnya.

Puncak peringatan 1 abad NU telah digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2). Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Makruf Amin.

Acara tersebut berlangsung dengan tertib dan lancar. Stadion Gelora Delta Sidoarjo dipenuhi warga nahdliyin yang ikut acara, bahkan tidak sedikit yang tidak bisa masuk karena lokasi sudah penuh.(ant/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terperosok di Parit depan supermarket Jl AR Hakim Surabaya

Anak Bersepeda di Jalan Tol Waru-Juanda

Kemeriahan Karnaval di Mojoagung Jombang

Kecelakaan Mobil Pikap Terbalik di Bunder Gresik

Surabaya
Jumat, 29 September 2023
32o
Kurs