Sabtu, 20 April 2024

PBNU Serukan Salat Ghaib untuk Korban Gempa di Turki dan Suriah

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
K.H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) 2022-2027 saat berada di Suara Surabaya Centre, Jumat (3/2/2023). Foto: Abdi/magang suarasurabaya.net

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (ulama) menyerukan kepada jajaran pengurus wilayah, pengurus cabang, dan pengurus cabang istimewa NU untuk melaksanakan shalat gaib dan tahlil bagi korban gempa di Turki dan Suriah besok usai shalat Jumat (10/2/2023).

“PBNU mengimbau kepada PWNU, PCNU se-Indonesia, dan PCI NU agar menyelenggarakan shalat gaib dan tahlil setelah pelaksanaan shalat Jumat bersama seluruh warga NU di wilayah masing-masing yang ditujukan untuk korban meninggal dunia dalam bencana gempa bumi di Turki dan Suriah,” kata H Saifullah Yusuf Sekjen PBNU di Jakarta, Kamis (9/2/2023).

PBNU pun mengeluarkan imbauan resmi untuk shalat gaib dan tahlil bagi korban gempa di Turki dan Suriah yang ditandatangani Yahya Cholil Staquf Ketua Umum dan Saifullah Yusuf Sekjen tersebut pada Kamis (9/2/2023).

PBNU menyampaikan belasungkawa mendalam atas timbulnya ribuah korban jiwa dalam gempa bumi di Turki dan Suriah tersebut.

“Semoga Allah SWT mengampuni segala salah dan khilaf mereka, serta menerima semua amal kebaikan mereka selama hidup,” kata Gus Ipul, sapaan akrabnya Saifullah Yusuf.

Menurut Anadolu Kantor Berita Turki pada Kamis (9/2/2023), Badan penanggulangan bencana Turki, AFAD, menyatakan 12.391 orang tewas dan 62.914 lainnya terluka akibat gempa Senin (6/2/2023) yang berpusat di Provinsi Kahramanmaras.

Provinsi-provinsi lainnya di Turki selatan dan timur yang terdampak gempa adalah Gaziantep, Hatay, Osmaniye, Adiyaman, Malatya, Sanliurfa, Adana, Diyarbakir, dan Kilis.

Lebih dari 6.000 bangunan runtuh akibat gempa berskala 7,7 dan 7,6 Richter, yang terjadi dalam waktu kurang dari 10 jam. (faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs