Minggu, 28 April 2024

Pemerintah Belum Berencana Tarik Kontingen Jambore di Korsel yang Dilanda Gelombang Panas

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Retno Marsudi Menteri Luar Negeri waktu ditemui di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (6/8/2023). Foto: Antara

Pemerintah belum berencana menarik 1.500 pramuka Indonesia yang sedang mengikuti Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan, yang kabarnya saat ini diterpa fenomena cuaca gelombang panas.

“Belum. Tadi saya melakukan telepon lagi. Saya tanya rencana mereka dan so far belum ada rencana apa-apa. Mudah-mudahan kondisi membaik, dalam arti cuaca menjadi tidak makin panas,” kata Retno Marsudi Menteri Luar Negeri (Menlu) di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (6/8/2023) seperti dikutip Antara.

Menlu menjelaskan bahwa pihaknya terus berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul yang beberapa kali mengunjungi tempat Jambore, tepatnya di SaeManGeum, Korea Selatan.

Berdasarkan informasi dari delegasi KBRI Seoul, sebanyak 1.500 pramuka berada dalam kondisi baik-baik saja.

Hanya saja, acara tersebut menghadapi tantangan cuaca yang panas dari waktu ke waktu. “Yang patut disyukuri adalah sebagian besar dari mereka dalam kondisi baik-baik saja,” kata Retno.

Sebelumnya berdasarkan sebuah informasi, Rabu (2/8/2023) lalu, Otoritas Korea Selatan mengatakan korban meninggal akibat gelombang panas pada musim kali ini bertambah hingga 23 orang.

Jumlah itu lebih dari tiga kali lipat angka tahun lalu, ketika peringatan panas pemerintah menyentuh level tertinggi, yaitu “serius”.

Sebanyak 21 orang meninggal diduga akibat penyakit yang terkait dengan panas antara 20 Mei hingga akhir Juli, menurut keterangan pemadam kebakaran, sementara dua kematian tambahan dilaporkan pada Selasa (1/8/2023) lalu.

Jumlah korban meninggal meningkat tiga kali lipat dari tujuh korban yang dilaporkan pada periode yang sama tahun lalu. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
26o
Kurs