Sabtu, 25 Mei 2024

Pemerintah Siapkan Tiga Rumah Sakit Unggulan di IKN

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Jokowi Presiden dalam acara peletakan batu pertama dua rumah sakit besar di kawasan IKN. Foto: Instagram @jokowi Jokowi Presiden dalam acara peletakan batu pertama dua rumah sakit besar di kawasan IKN. Foto: Instagram @jokowi

Kementerian Kesehatan menyampaikan bahwa tiga rumah sakit unggulan bertaraf internasional disiapkan untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan kesehatan paripurna bagi warga di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Siti Nadia Tarmizi Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan mengatakan, rumah sakit yang dibangun di wilayah IKN antara lain Rumah Sakit Abdi Waluyo. Presiden Joko Widodo telah meresmikan pembangunan rumah sakit dengan nilai investasi Rp2 triliun tersebut pada September 2023 lalu.

Nadia menyampaikan bahwa rumah sakit kedua yang pembangunannya mulai dilaksanakan di IKN yakni Mayapada Hospital Nusantara. Sementara Joko Widodo Presiden didampingi Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan meresmikan pembangunan rumah sakit tersebut pada Rabu (1/11/2023).

Lebih lanjut, Mayapada Hospital Nusantara berencana menyediakan layanan unggulan Cardiovascular Center, Oncology Center, Tahir Neuroscience Center, Gastrohepatology Center, Orthopedic Center, Tahir Uro-Nephrology Center, Obstetric & Gynecology Center, serta Pediatric Center.

“Mayapada Hospital Nusantara nantinya akan menjadi green hospital untuk mendukung percepatan pembangunan IKN,” katanya dilansir Antara, Jumat (3/11/2023).

Diketahui, area hijau akan mencakup sekitar 20 persen dari lahan rumah sakit. Kementerian Kesehatan juga akan membangun rumah sakit vertikal bertaraf internasional di IKN.

“Rencananya Kemenkes juga akan membangun RS vertikal di IKN, saat ini sedang proses pembuatan desain,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pembangunan rumah sakit tersebut ditargetkan rampung tahun 2024 dan bisa mulai digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah IKN.

“Keberadaan rumah sakit-rumah sakit ini diharapkan kian mempermudah akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang paripurna di IKN,” katanya.

“Dengan semakin banyak dan berkualitasnya pelayanan kesehatan di IKN, maka akses masyarakat terhadap layanan kesehatan paripurna makin dekat,” ia menambahkan.

Nadia mengemukakan bahwa warga diharapkan tidak lagi pergi ke luar negeri untuk menjalani pengobatan karena fasilitas pelayanan kesehatan yang berkualitas juga tersedia di dalam negeri. (ant/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
29o
Kurs