Selasa, 27 Februari 2024

Pemkot Surabaya Akan Memperbanyak Petugas Antisipasi Kepadatan Tempat Wisata Saat Nataru

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Kebun Binatang Surabaya (KBS). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal menyiapkan keramaian imbas lonjakan pengunjung di tempat-tempat wisata saat libur Natal dan Tahun Baru.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, jumlah petugas penjaga di tiap lokasi wisata akan diperbanyak dari biasanya demi memastikan liburan aman dan tertib.

Rencana itu menurutnya sudah dibahas dalam rapat bersama jajarannya terkait kesiapan menghadapi libur Nataru.

“Jadi nanti setiap tempat, termasuk taman dan tempat-tempat hiburan yang ada di Kota Surabaya akan diperkuat, diperbanyak pasukan yang akan ada di posisi itu,” Eri, Senin (11/12/2023).

Misalnya, Romokalisari Adventure Land dan Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang menurutnya akan jadi destinasi wisata favorit masyarakat saat libur Nataru.

“Kita sampaikan nanti pembelian tiket (KBS) menggunakan aplikasi dengan jumlah yang ada di kapasitas maksimal. Jadi kalau kapasitas maksimalnya itu sampai jam segini, maka kita perhitungkan yang saya minta kemarin sampai berapa jam, dia (pengunjung) baru bisa masuk lagi, masuk lagi. Ini masih dihitung sama teman-teman,” ungkap dia.

Termasuk kemacetan akibat banyaknya kendaraan parkir di sekitar KBS seperti tahun-tahun sebelumnya. Ia minta petugas mengarahkan pengunjung untuk parkir di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ).

“Tempat parkir (sekitar KBS) nanti kita nolkan untuk masuk ke TIJ. Jadi semuanya parkir di sana (TIJ) untuk menyebrang. Tapi nanti kita berikan banyak (petugas) Dishub dan Satpol PP untuk bantu menyeberangkan orang. Jadi nanti tidak boleh ada parkir di situ (sekitar KBS),” katanya.

Terkait aturan, pemkot masih menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait kenaikan Covid-19.

“Jadi kita menunggu nanti seperti apa, apakah memang diperbolehkan (wisata) tetapi menggunakan masker atau dibatasi jumlahnya. Jadi kita menunggu aturan dari pemerintah pusat,” terangnya. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Selasa, 27 Februari 2024
24o
Kurs