Senin, 29 April 2024

Pemkot Surabaya Bakal Integrasikan Transportasi Massal ke Stadion GBT Saat Liga 1

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Potret penonton Piala Dunia U-17 2023 naik shuttle bus pulang, Jumat (10/11/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal mengintegrasikan transportasi massal ke Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), terutama saat pertandingan home Liga 1 Persebaya.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, rencana itu bagian dari komitmen pemkot mengikuti koreksi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), soal transportasi yang belum terintegrasi dengan stadion di Indonesia sebagai kendala jumlah penonton.

“Kita lihat pertandingan-pertandingan yang akan dilakukan (digelar) di Surabaya. Dari pengalaman (Piala Dunia U-17 2023) ini, akan kita hubungkan transportasi itu ke stadion lewat (terminal) Pakal dan Benowo. Tapi gak banyak,” kata Eri saat konferensi pers di Media Center Piala Dunia U-17 2023, Kamis (23/11/2023).

Berkaca pada inovasi pengadaan shuttle bus untuk penonton Piala Dunia U-17 2023 di Stadion GBT kemarin, menurut Eri ternyata memengaruhi banyaknya jumlah penonton. Apalagi jumlah kapasitas penonton di Stadion GBT terbanyak dari seluruh venue yang ada.

“Kita melihat agenda-agenda dari PSSI. Karena GBT itu hanya pertandingan yang dilakukan oleh Persebaya. Dan juga Persebaya tidak main setiap waktu, nanti stadion-stadion itu memang kita integrasikan dengan angkutan umum, tapi tidak semasif dan sebanyak Piala Dunia, ini karena hanya khusus bus yang bisa masuk,” beber Eri lagi.

Ke depan, transportasi umum atau massal yang sudah ada, akan ada yang diplot untuk lewat Pakal dan Benowo, juga Stadion Gelora Bung Tomo. Tujuannya, agar bisa dipakai penonton Liga 1 saat akan menyaksikan pertandingan Persebaya.

“Kalaupun ada pertandingan lain, akan dilakukan seperti hari ini, tapi sudah ada bus yang lewat sana,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, PSSI mengapresiasi angkutan shuttle bus yang disiapkan pemkot dan turut menyumbang besarnya animo penonton Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Marsal Masita Direktur Marketing Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Head of Marketing and Commercial LOC Piala Dunia U-17 2023 berharap, ke depan, semua stadion di Indonesia sudah terintegrasi dengan transportasi massal seperti di Eropa, agar semakin meningkatkan partisipasi pecinta bola untuk selalu menyaksikan pertandingan. (lta/and/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs