Senin, 29 April 2024

Pemkot Surabaya Gencarkan Gerakan Bagi-bagi 10 Juta Bendera

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur dan Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya saat kegiatan bersama di Kota Surabaya. Foto: Antara

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggencarkan salah satu program pemerintah pusat untuk menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia berupa gerakan bagi-bagi 10 juta bendera kepada masyarakat.

Maria Theresia Ekawati Rahayu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya mengatakan, gerakan bagi-bagi 10 juta bendera berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) Nomor B-532/M/S/TU.00.04/06/2023 pada 13 Juni 2023.

“SE itu meminta masyarakat menyemarakkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI dengan dekorasi, umbul-umbul, hingga pemasangan bendera merah putih,” ujar Maria dalam keterangannya di Surabaya, Minggu (30/7/2023), dilansir Antara.

Untuk itu, sambungnya, Pemkot Surabaya mengimbau seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah, hingga RT/RW untuk berpartisipasi menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan RI di wilayahnya masing-masing.

Maria menegaskan, imbauan tersebut sudah disampaikan kepada jajaran di Pemkot Surabaya melalui SE Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya nomor 400.14.1.1/15547/436.8.6/2023 pada 19 Juli 2023. Surat itu ditujukan kepada jajaran Perangkat Daerah (PD), Camat, Lurah, RT/RW di seluruh Kota Surabaya.

Dalam SE tersebut juga disebutkan masing-masing PD diminta untuk mensosialisasikan imbauan partisipasi menyemarakkan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia.

“Misalnya, Bagian Perekonomian itu meneruskan kepada BUMD, kemudian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Surabaya itu meneruskan kepada para pengusaha, kemudian Disperinaker ke perusahaan swasta, para camat juga diminta untuk meneruskan di RT/RW dan LPMK wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Tema yang diusung dalam HUT RI ke-78 nanti yaitu “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Sementara, penggunaan dan ketentuan logo untuk dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, hingga baliho, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI telah menyediakannya dan bisa diunduh melalui laman www.setneg.go.id.

Maria menambahkan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI juga turut berpartisipasi dalam gerakan 10 juta bendera yang akan dibagikan kepada seluruh lapisan masyarakat. Oleh sebab itu, Pemkot Surabaya menindaklanjuti gerakkan tersebut dengan membagikan bendera merah putih lebih awal.

“Pada 1 Juni 2023, Pak Wali Kota (Eri Cahyadi) secara simbolis menyerahkan bendera kepada forum LPMK, FKUB, hingga Forum Pembauran Kebangsaan. Kemudian, dari masing-masing PD juga sudah mengumpulkan bendera, termasuk kelurahan dan kecamatan untuk dibagikan,” tambah Maria.

Dia berharap seluruh warga Kota Surabaya berpartisipasi, menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 dengan mengibarkan bendera merah putih di wilayahnya masing-masing mulai 1-31 Agustus 2023.

“Kepada para pengusaha juga sudah dilakukan imbauan untuk membagikan bendera di sekitarnya masing-masing. Jadi tidak perlu dikumpulkan di pemerintah kota, tapi langsung dibagi kepada warga,” pungkasya. (ant/fra/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs