Kamis, 9 Mei 2024

Pemkot Surabaya Tambah Wisata Susur Sungai Baru di Kejawan Putih Tambak

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Momen peresmian wisata susur sungai di Kejawan Putih Tambak Surabaya, Kamis (27/7/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menambah destinasi wisata susur sungai baru di kawasan Kejawan Putih Tambak di Kecamatan Mulyorejo.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, selain sebagai sarana wisata air, tempat ini juga menunjang perekonomian masyarakat sekitar, khususnya para nelayan.

“Susur sungai (di Surabaya) juga ada Kalimas di tengah kota, sekarang ada susur sungai di Kejawan Putih Tambak. Ini sangat luar biasa, ketika ada susur sungai maka secara otomatis sepanjang sungai itu harus terjaga kebersihan dan keindahannya,” kata Eri pada Sabtu (29/7/2023).

Lahirnya wisata susur sungai ini, lanjut Eri, karena kontribusi warga menjaga kebersihan lingkungan.

“Ketika sudah ditetapkan sebagai susur sungai, maka saya akan memberikan yang terbaik di sepanjang jalur susur sungai ini. Melihat semangat dari warganya, insyaallah satu hingga dua bulan ke depan akan menjadi luar biasa. Yang saya inginkan itu adalah keinginan, tekad, dan pantang menyerah, seperti yang dimiliki oleh warga dan LPMK di sini,” ungkapnya.

Setelah diresmikan Kamis (27/7/2023) lalu, Eri memastikan Pemkot akan melakukan perbaikan jalan dan fasilitas penerangan jalan umum (PJU), serta rutin membersihkan sungai di kawasan wisata itu.

“Satu, paving-nya dipasang. Kedua PJU-nya dipasang. Ketiga, nanti tanaman yang tidak terawat di sepanjang start sampai finisnya wisata susur sungai ini dirapikan. Terakhir, di sepanjang jalan ini kalau bisa ada yang berjualan, nanti kita indahkan kampung ini,” pesannya.

Kampung pinggir sungai di Surabaya lainnya, lanjut Eri, juga bisa dijadikan wisata susur sungai, tapi masih belum layak dari segi kebersihan.

“Warganya harus ada semangat tinggi. Ketika ada sentuhan dari warganya, maka baru pemerintah akan turun memberikan dukungan penuh. Kalau dari awal yang membuka pemerintah kotanya, insyaallah nggak jadi,” jelasnya. (lta/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
32o
Kurs