Jumat, 19 April 2024

Pengambilan Api Dharma dan Air Berkah Buka Ritual Waisak 2567 BE

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pengambilan air berkah di Umbul Jumprit, Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (2/6/2023. Foto: kemenag.go.id

Peringatan Puncak Hari Tri Suci Waisak Nasional Umat Buddha Indonesia 2567 Buddhis Era (BE) pada Minggu, 4 Juni 2023, dimulai dengan ritual puja dan doa pengambilan Api Dharma dari Mrapen, Purwodadi, serta Air Berkah di Umbul Jumprit, Temanggung, Jawa Tengah.

Api Dharma dan Air Berkah yang diambil oleh para Bhikkhu Sangha dan Rohaniwan, Majelis-majelis Agama Buddha, kemudian disakralkan dengan beberapa ritual lalu disemayamkan di Altar Candi Mendut.

Selanjutnya, Api Dharma dan Air Berkah dibawa dengan sederet prosesi ke Candi Borobudur pada Minggu (4/6/2023) hari ini. Air dan api adalah dua unsur alam yang sangat dekat dan menunjang kehidupan manusia.

Melansir kemenag.go.id, Bhante Subin, salah seorang perwakilan Bhikkhu Sangha menjelaskan makna api. Menurutnya, Api melambangkan cahaya dalam kegelapan. Hendaknya Api Dharma menjadi penerang bagi setiap orang yang melaksanakan Dhamma.

“Dengan Api Dharma membuat hati kita terang, tenang, damai dan mencapai kesucian batin,” kata Bhante Subin di Grobogan, Jumat (2/6/2023) lalu.

Dia juga berharap, melalui pengambilan Api Dharma, Umat Buddha dan Bangsa Indonesia dapat lebih bahagia, tenang, damai juga sejahtera.

Pengambilan Api Dharma dilakukan oleh enam Majelis Agama dilanjutkan dengan berdoa bersama. “Itu menandakan kekompakan, akur, dan saling gotong royong, serta memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi,” ungkap Bhante Subin.

Sementara itu, Nyoman Suriadarma Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama menjelaskan, air adalah simbol kerendahan hati. Hal tersebut ditandai dengan sifat air yang selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah.

“Air juga simbol kebeningan dan kejernihan, termasuk ketenangan,” ungkap Nyoman, Temanggung, Sabtu (3/6/2023).

Nyoman juga mengajak terutama Umat Buddha agar tenang menghadapi persoalan dalam kehidupan seperti air. “Pulang dari Peringatan Hari Tri Suci Waisak besok ke rumah semua damai dan tenang,” terangnya.

Berikut rangkaian kegiatan perayaan Hari Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 sejauh ini, melansir laman resmi kemenag:

  1. Karya Bhakti di Taman Makam Pahlawan (TMP) secara serentak di kota-kota se-Indonesia (21 Mei 2023)
  2. Pengobatan gratis di lapangan Candi Borobudur dengan jumlah mencapai 7200 pasien (30-31 Mei 2023)
  3. Pengambilan Api Dharma Mrapen lalu di sakralkan di Candi Mendut (2 Juni 2023)
  4. Pengambilan Air Berkah di Umbul Jumprit lalu disakralkan di Candi Mendut (3 Juni 2023)
  5. Peringatan Puncak Hari Tri Suci Waisak dimulai dengan prosesi berjalan dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur (4 Juni 2023)

Tepat pukul 10.41.19 detik-detik Waisak 2567 BE/2023 ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali dan pemercikan air suci, membacakan Paritta Jayanto, umat bersikap Anjali. Lalu dilanjutkan dengan Dharmasanti Festival Lampion di Taman Lumbini Candi Borobudur.(bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs