Minggu, 25 Februari 2024

Penyelidik Rusia Konfirmasi Prigozhin Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yevgeny Prigozhin Kepala Tentara Bayaran Rusia. Foto: BBC News

Tim penyelidik Rusia pada Minggu (27/8/2023), mengatakan tes genetik menunjukkan bahwa Yevgeny Prigozhin pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner, masuk di antara 10 orang yang tewas dalam kecelakaan pesawat pada Rabu malam (23/8/2023).

Melansir Antara, badan penerbangan Rusia sebelumnya telah merilis nama-nama 10 orang yang berada di dalam pesawat jet pribadi yang jatuh di wilayah Tver di barat laut Moskow itu. Mereka di antaranya Prigozhin dan Dmitry Utkin, merupakan tangan kanan Prigozhin yang membantu mendirikan kelompok Wagner.

“Sebagai bagian dari penyelidikan kecelakaan pesawat di wilayah Tver, pemeriksaan genetik molekuler telah selesai dilakukan,” kata Komite Investigasi Rusia dalam sebuah pernyataan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan itu, identitas 10 orang yang tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut telah diketahui, sesuai dengan daftar yang tertera dalam daftar penumpang penerbangan, kata pernyataan itu.

Prigozhin tewas dalam kecelakaan pesawat yang jatuh sekitar dua bulan setelah bos Wagner itu memimpin pemberontakan terhadap para petinggi militer Rusia dengan mengajak pasukannya untuk menyerbu ibu kota Moskow.

Namun, Prigozhin memutuskan untuk menarik mundur pasukannya demi menghindari pertumpahan darah di Rusia.

Vladimir Putin Presiden Rusi menyebut pemberontakan itu sebagai “tikaman dari belakang” yang berbahaya.

Putin telah menyampaikan belasungkawa pada Kamis (24/8/2023) kepada keluarga yang tewas dalam kecelakaan itu. (ant/dvn/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
32o
Kurs