Rabu, 17 April 2024

Ucapan Duka Cita Putin untuk Yevgeny Prigozhin Bos Wagner

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan Denis Pushilin, penjabat pemimpin wilayah Donetsk Ukraina yang dikuasai Rusia, di Moskow, Rusia, pada 24 Agustus 2023. Foto : Reuters

Vladimir Putin Presiden Rusia, mengumumkan melalui siaran televisi pada Kamis (24/8/2023), bahwa Yevgeny Prigozhin, yang dikenal sebagai pemimpin tentara bayaran Wagner, telah meninggal akibat kecelakaan pesawat, ini merupakan konfirmasi resmi pertama yang dikeluarkan Kremlin mengenai kejadian tersebut.

Melansir Antara, mengutip dari Reuters, Putin mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Prigozhin dan semua korban dalam kecelakaan pesawat tersebut.

“Perihal tragedi penerbangan itu, pertama-tama saya ingin menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga seluruh korban. Itu tragedi. Memang ada pekerja perusahaan Wagner di dalamnya, dan data awal menunjukkan mereka ada di sana” ujar putin.

Menurutnya, Yevgeny Prigozhin dan anak buahnya, sudah memberikan Kontribusi besar bagi perjuangan Rusia bersama dalam memerangi rezim neo-Nazi di Ukraina.

“Kami mengenang hal ini, kami mengetahuinya dan kami tidak akan melupakannya” Tuturnya.

Putin menguraikan bahwa Prigozhin adalah seorang individu yang memiliki tekad yang kuat, hal ini terlihat dari dedikasinya dalam perjuangan yang ia lakukan sampai berhasil mencapai tahap ini.

“Saya sudah sejak lama mengenal Prigozhin, sejak awal 1990-an. Dia adalah orang yang bernasib sulit, dan dia pernah membuat kesalahan serius dalam hidupnya. Dan dia sudah berjuang guna mendapatkan hasil yang dibutuhkan untuk dirinya, dan ketika saya menanyai dia soal ini, untuk tujuan bersama, seperti yang terjadi pada bulan-bulan terakhir ini. Dia orang yang berbakat, pengusaha yang berbakat, dia bekerja tidak hanya di negara kita, dan bekerja menelurkan hasil, tetapi juga di luar negeri, khususnya di Afrika. Dia terlibat di sana dengan minyak, gas, logam mulia, dan batu-batuan”. kata putin

Ia menjelaskan bahwa investigasi telah dilaksanakan dan meminta agar masyarakat bersabar menanti hasilnya yang akan segera diumumkan.

“Ketua Komite Investigasi melaporkan kepada saya pagi ini, bahwa mereka sudah memulai menyelidiki peristiwa ini. Dan itu akan dilakukan secara utuh, dan digelar sampai tuntas. Tidak ada yang perlu diragukan lagi. Mari kita tunggu apa yang dikatakan penyidik dalam waktu dekat ini. Dan saat ini sedang ada pemeriksaan ahli, pemeriksaan teknis, dan pemeriksaan genetik. Ini memerlukan waktu.” pungkasnya (ant/dvn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs