Kamis, 25 April 2024

PLN Jamin Kesiapan Kelistrikan untuk Piala Dunia U-20 Tuntas Pertengahan April 

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Darmawan Prasodjo Direktur Utama PT PLN (Persero) saat diwawancara awak media di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Senin (13/3/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

PLN menjamin persiapan kebutuhan pasokan listrik seluruh venue piala Dunia U-20 2023 tuntas pertengahan April, atau sebulan sebelum pertandingan pertama digelar.

Hal Itu diungkapkan Darmawan Prasodjo Direktur Utama PT PLN (Persero), saat mendampingi Erick Thohir Ketua Umum PSSI meninjau Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Senin (13/3/2023).

“Ini (Piala Dunia U-20 2023) kan 20 Mei, jadi kami siapkan pertengahan April sudah kelar semua. Bukan cuma (pasokan listrik untuk) venue, tapi lapangan latihan, juga penginapan. Semua selesai sebulan sebelum perhelatan,” kata Darmawan.

Dia juga menjamin tiga skema pasokan listrik, yakni tanpa asap, zero down time, dan tanpa kedip selama Piala Dunia U-20 digelar di semua venue.

Untuk Stadion GBT, Darmawan menyebut, tengah menyiapkan uninterruptible power supply (UPS), cadangan listrik sebesar 2.000 kVA dan 180 personel yang tersedia 24 jam.

“Untuk itu kami persiapkan di GBT ini memang ada kebutuhan apa pun itu pun pasti tanpa kedip dan masih zero down time, dan didukung tiga penyulang, diambil dari dua gardu induk berbeda dan otomatis kalau ada gangguan langsung beralih ke penyulang selanjutnya. Ini jadi empat lapis. Ada UPS, penyulang, genset, dan personel 24 jam,” katanya.

Untuk media center, lanjut Darmawan, tentu juga akan disediakan pasokan listrik khusus sesuai hasil diskusi dengan FIFA.

“Biasanya FIFA mewajibkan ini berbasis pada genset yang tidak tersambung dengan stadion utama. Kami sudah berdiskusi, menyediakan UPS ditambah penyulang berdiri sendiri, tidak tersambung dengan stadion utama. Jadi kalau ada fluktuasi tidak akan memengaruhi pasokan media center,” bebernya.

Tak hanya venue untuk Piala Dunia U-20, PLN juga menjamin pasokan listrik di sejumlah lapangan latihan yang sudah ditetapkan di semua kabupaten/kota, hingga hotel-hotel sebagai lokasi penginapan para pemain.

“Pasokan listrik untuk lapangan latihan A dan C (Stadion GBT) kita siapkan. Kita siapkan juga dua lapangan sepak bola, THOR dan GOR 10 November. Kami siapkan semua. Kita juga petakan ini hotel-hotel pemain masih kita petakan, kita pastikan pelayanan listrik akan berlapis, ada penyulang, ada genset, kalau diperlukan juga dengan UPS,” jelasnya.

Darmawan menegaskan, persiapan itu akan dilakukan di semua venue yang nantinya dipilih atau ditetapkan FIFA dengan kapasitas berbeda-beda. “Kami persiapkan di enam lokasi. Kami siap keputusan FIFA nanti yang datang memilih venue,” tandasnya. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs