Minggu, 28 April 2024

Polisi Tangkap Pemuda yang Aniaya dan Rampok Pemilik Toko di Menganti, Ternyata Tetangga Sendiri

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pelaku perampokan dengan kekerasan di Perumahan Swan Menganti Park Gresik dalam rekaman kamera CCTV. Foto: Istimewa Pelaku perampokan dengan kekerasan di Perumahan Swan Menganti Park Gresik dalam rekaman kamera CCTV. Foto: Istimewa

Polisi berhasil menangkap seorang pemuda berinisial MDR (16) yang merampok disertai kekerasan kepada SB pemilik toko kelontong di Perumahan Swan Menganti Park Blok AA-40, RT 02 RW 09 Desa Pelemwatu, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, pada Rabu (6/9/2023).

AKP Inggit Prasetyanto Kapolsek Menganti Gresik mengatakan, pelaku yang merupakan tetangga korban dan juga guru ngaji di komplek, melancarkan aksinya pada Jumat (7/7/2023) sekitar pukul 12.00 WIB ketika hendak membeli plester luka dan minyak kayu putih. Tetapi, ketika SR menggambil barang yang dipesan, tiba-tiba tangan kiri pelaku membekap mulut dan tangan kanannya mendekap tubuh korban dari belakang.

“SR berontak kemudian pelaku membawa SR masuk ke dalam ruang tamu. Tubuh korban ditengkurapkan di atas lantai sambil pelaku membentur-benturkan wajah korban ke lantai meski korban terus berontak. Kemudian pelaku menjerat leher korban dengan tali hingga korban pingsan selama sekitar 30 menit. Kejadian ini terjadu sekira pukul 12.30 WIB,” terangnya kepada suarasurabaya.net pada Minggu (10/9/2023).

Pelaku perampokan dengan kekerasan saat keluar dari toko korban di Perumahan Swan Menganti Park Gresik dalam rekaman kamera CCTV. Foto: Istimewa
Pelaku perampokan dengan kekerasan saat keluar dari toko korban di Perumahan Swan Menganti Park Gresik dalam rekaman kamera CCTV. Foto: Istimewa

Setelah SR siuman dari pingsan, lanjut AKP Inggit, DW tetangga bersama beberapa warga sekitar mendatangi rumah korban untuk menolong korban. SR kemudian mengecek barang miliknya, ternyata satu HP merek Vivo YO1A, satu tas cangklong kecil warna abu-abu berisi uang tunai sebesar Rp1.000.000 yang semula dibawa korban dan uang tunai sebesar Rp900.000 di dalam kotak toko korban, hilang.

“Atas kejadian tersebut pelapor mengalami luka lebam pada wajah pelapor dan kerugian material sebesar Rp3.300.000. Kemudian pelapor melaporkan ke Polsek Menganti,” ujarnya.

Menindaklanjuti kejadian tersebut, 6 September sekitar pukul 18.00 WIB anggota Opsnal Selatan Sat Reskrim Polres Gresik mendapat informasi dari warga yang mengetahui orang yang sama ciri-cirinya dengan korban di CCTV.

“Kemudian sekitar pukul 20.00 WIB anggota Resmob Polres Gresik melaksanakan hunting sekitaran rumah yang di duga pelaku. Setelah di pastikan ada di dalam rumah, anggota Resmob Polres Gresik melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap yang di duga pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan tersebut,” jelasnya.

Pelaku perampokan dengan kekerasan di Perumahan Swan Menganti Park Gresik dalam rekaman kamera CCTV. Foto: Istimewa
Pelaku perampokan dengan kekerasan di Perumahan Swan Menganti Park Gresik dalam rekaman kamera CCTV. Foto: Istimewa

Setelah dilakukan penggeledahan di dalam rumah oleh anggota Resmob Polres Gresik, lanjut dia, ditemukan HP VIVO Y01A milik korban. Kemudian, terduga pelaku diintrogasi oleh anggota Resmob Polres Gresik, dan MDR mengakui bahwa dirinya telah melakukan Tindak Pidana Pencurian Dalam Kekerasaan terhadap korban yang SR.

Selain mengamankan satu HP VIVO Y01A, lanjut dia, tim Resmob Res Gresik (Team Opsnal Selatan) juga mengamankan satu unit sepeda motor merek Honda Beat berwarna merah putih, satu unit sepeda angin biru merah, satu jaket coklat abu-abu, satu kerudung hitam, satu jaket almamater biru dongker, satu pasang sandal, satu tali pramuka putih, satu pasang sarung tangan hitam, satu botol semprotan, satu masker hitam, dan kabel tis hitam.

Atas kejadian tersebut, saat ini pelaku telah dibawa ke Polres Gresik untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

“Tindak lanjutnya, melakukan penangkapan terhadap tersangka, melakukan pemeriksaan tersangka dan menyita barang bukti,” pungkasnya.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
31o
Kurs