Minggu, 28 April 2024

Polrestabes Surabaya Menindak 3.566 Pelanggar Selama Seminggu Operasi Zebra

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Operasi Zebra Semeru 2018 di kawasan Taman Bungkul, Surabaya pada Senin 5 November 2018. Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Jajaran Satlantas Polrestabes Surabaya menindak 3.566 pelanggar selama Operasi Zebra 2023 sejak Senin (4/9/2023) hingga Senin (11/9/2023). Dari para pelanggar tersebut 2.593 di antaranya mendapat tindakan teguran.

AKBP Arif Fazlurrahman Kasat Lantas Polrestabes Surabaya mengatakan kalau jajarannya tidak melakukan tilang secara manual, namun tilang menggunakan ETLE. Yang mana jumlah pelanggar yang terekam kamera ETLE statis 779 pelanggar dan ETLE mobile 194 pelanggar.

Arif bilang, pelanggaran terbanyak dilakukan oleh jenis kendaraan roda empat dengan jumlah 774 pelanggar. Dengan jenis pelanggaran melawan arus, memakai HP saat mengemudi, berkendara dengan pengaruh alkohol, melebihi batas kecepatan, di bawah umur, tidak memakai safety belt, dan melebihi muatan.

“Sedangkan roda dua mencapi 199 pelanggar. Dengan jenis pelanggaran tidak menggunakan helm, melanggar arus lalu lintas, dan menggunakan handphone saat berkendara,” kata Arif, Selasa (12/9/2023).

Polisi sedang melaksanakan Operasi Zebra di Jalan Gubernur Suryo Surabaya pada Minggu (10/9/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Selain jumlah pelanggaran, pihaknya juga mencatat angka kecelakaan di Surabaya. Selama Operasi Zebra, jumlah kecelakaan di Surabaya ada sebanyak 24 kejadian, dengan empat orang meninggal dunia dan 25 orang luka ringan.

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan di Surabaya, pihaknya telah melakukan upaya giat preemptive. Seperti penyuluhan, pemasangan spanduk hingga patroli.

“Kendaraan yang terlibat kecelakaan motor 30 kejadian, mobil penumpang delapan kejadian, bus satu kejadian dan mobil barang lima kejadian,” tutur Arif. (wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs