Sabtu, 4 Mei 2024

Ribuan Orang Penuhi Jalan Gubernur Suryo, Lantunkan Doa untuk Palestina

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Massa aksi saat membentangkan poster dalam aksi super damai di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (12/11/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net Massa aksi saat membentangkan poster dalam aksi super damai di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (12/11/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ribuan orang yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Bela Palestina melangsungkan aksi super damai doa bersama untuk Palestina, di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Minggu (12/11/2023).

Massa aksi mulai berdatangan ke Jalan Gubernur Suryo sekitar pukul 06.00 WIB. Mereka kompak berpakaian serba putih, dan beberapa di antaranya membawa poster dukungan, dan bendera Indonesia-Palestina.

Menjelang pukul 07.00 WIB doa mulai dibacakan. Masyarakat yang hadir di sana serentak membaca dan mengaminkan doa yang dikirimkan untuk Rakyat Palestina.

Bendera Palestina berkibar dalam aksi super damai dan doa bersama di Surabaya, Minggu (12/11/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net
Bendera Palestina berkibar dalam aksi super damai dan doa bersama di Surabaya, Minggu (12/11/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Setelah membaca doa, aksi dilanjut dengan orasi. Beberapa orator menyampaikan aspirasi dan dukungannya terhadap Palestina secara bergantian, di atas panggung yang berada di tepi Taman Apsari menghadap ke Gedung Negara Grahadi.

Di sela-sela orasi, masyarakat juga antusias meneriakkan yel-yel Free Palestine!. Mereka juga menyanyikan beberapa lagu untuk Palestina, salah satunya Antuna Tufuli.

Dino Imansyah salah seorang koordinator lapangan (korlap) mengatakan, aksi tersebut digelar sebagai upaya mewujudkan kemerdekaan Palestina.

“Karena yang terjadi bukan sekadar peperangan biasa, tapi ada ketidakadilan di sana. Yang disasar bukan para tentara, tetapi rumah sakit, anak-anak, hingga tempat pengungsian,” katanya.

Dia berharap, aksi super damai dengan doa bersama itu bisa memberikan dampak baik bagi Palestina. Sekaligus agar negara-negara lain juga sadar untuk mendukung penghentian serangan Israel terhadap Palestina.

Aksi bela Palestina itu diikuti oleh kalangan remaja dewasa, juga anak-anak. Selama berlangsungnya aksi, beberapa anak juga menyumbangkan lagu Antuna Tufuli untuk Palestina di atas panggung.(ris/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs