Sabtu, 27 April 2024

Risma Ajak Penerima Beasiswa LPDP untuk Kembali dan Kontribusi ke Tanah Air

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tri Rismaharini Menteri Sosial Republik Indonesia memotivasi para penerima LPDP agar kembali ke Indonesia. Foto: Antara

Tri Rismaharini Menteri Sosial (Mensos) mengingatkan penerima beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk kembali ke Indonesia dan ikut berkontribusi untuk Tanah Air.

“Pelajar penerima beasiswa luar negeri dari pemerintah, sudah sepatutnya kembali usai menyelesaikan masa belajar. Segala kemudahan di lokasi belajar tidak boleh menjadi alasan untuk lupa membangun Tanah Air,” kata Mensos sesuai dikutip dari Antara, Senin (26/6/2023)

Pesan ini disampaikan Risma Mensos menanggapi banyaknya awardee (penerima beasiswa) LPDP yang tidak mau kembali ke Indonesia setelah lulus, dengan alasan sulit mengembangkan ilmu karena kurangnya fasilitas yang diberikan negara.

Ia mengingatkan agar para penerima beasiswa tidak terlena dengan segala kenyamanan di luar negeri, karena mereka bisa lulus kuliah dengan biaya dari rakyat.

“Kita semua berangkat dengan uang rakyat, tapi kemudian saat kita dapat semua itu (beasiswa), kita enggak mau kembali,” tutur Risma Mensos.

Menurutnya, kehidupan di negara maju sudah pasti memperlancar pengembangan inovasi dan penyelesaian masalah. Hal tersebut pasti berbeda dengan kondisi di Indonesia, justru menguji kecerdasan dan kemampuan penyelesaian masalah.

“Di sana (luar negeri), kondisinya mapan, semua sudah teratur, tetapi justru itulah tantangan kita. Kalau kita mau menang terhadap diri kita sendiri dan ingin memberikan manfaat pada ilmu yang kita miliki, di saat itulah kita diuji apakah kita termasuk awardee yang cerdas atau tidak,” ucap Risma Mensos.

Di depan para penerima beasiswa, Risma Mensos menunjukkan program-program Kemensos yang menjangkau wilayah-wilayah yang sulit diakses, seperti budi daya bunga matahari di Wini, Nusa Tenggara Timur (NTT), serta pembuatan kapal di Kabupaten Mamberamo dan Kabupaten Asmat, Papua.

Selain itu Risma Mensos juga menunjukkan program-program yang menjangkau dan memberdayakan penyandang disabilitas.

“Kepada sapa lagi mereka akan meminta pertolongan kalau bukan kepada kalian yang nanti akan punya ilmu lebih baik lagi dan lebih tinggi,” jelasnya.

Sementara Andin Hadiyanto Direktur Utama LPDP menyatakan tujuh pesan inti dari Risma agar dapat membawa aura pemimpin kelas dunia kepada para awardee yang nanti akan melanjutkan estafet kepemimpinan saat ini.

“Ada tujuh pesan Mensos kepada awardee, yaitu jangan rendah diri, serap sebanyak-banyaknya ilmu, berani menghadapi tantangan, tidak jadi pengkhianat, istiqamah (teguh pendirian), mengasah nalar berpikir, dan tentunya harus kembali ke Indonesia,” papar Andin.

Risma Mensos memberikan motivasi kepada 200 peserta pada sesi Persiapan Keberangkatan (PK) penerima beasiswa LPDP angkatan 205 di Jakarta pada Jumat (23/6/2023). (ant/bnt/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs