Kamis, 2 Mei 2024

Rumah Dinasnya Digeledah KPK, Syahrul Yasin Limpo Mentan Ada di Luar Negeri

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian menjawab pertanyaan wartawan di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (7/2/2020). Foto: Antara

Ahmad Sahroni Bendahara Umum Partai NasDem mengungkapkan, Syahrul Yasin Limpo rekan separtainya yang menjabat Menteri Pertanian (Mentan) ada di luar negeri waktu Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah dinasnya.

Menurut Sahroni, Syahrul Yasin Limpo sedang mengikuti forum tentang pangan dunia mewakili Pemerintah Indonesia, di Roma, Italia.

Dalam keterangannya, siang hari ini, Jumat (29/9/2023), di Jakarta, Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu bilang tidak mengetahui jadwal kepulangan Mentan ke Tanah Air.

“Pak Mentan lagi di Roma. Belum ada info kapan pulangnya,” ucap Syahroni.

Sementara itu, Syahrul Yasin Limpo beberapa hari lalu mengunggah foto kegiatannya di Roma pada akun media sosial Instagram.

Dalam keterangan foto, dia melakukan pertemuan bilateral dengan Qu Dongyu Direktur Jenderal Food and Agriculture Organizations of the United Nations (FAO).

Seperti diketahui, Tim KPK, kemarin Kamis (28/9/2023), menggeledah Rumah Dinas Syahrul Yasin Limpo Mentan, yang ada di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Ali Fikri Kepala Bagian Pemberitaan KPK mengonfirmasi adanya kegiatan tersebut. Tapi, dia belum menjelaskan apa yang dicari Tim KPK di lokasi penggeledahan.

Umumnya, penggeledahan dilakukan komisi antirasuah untuk menemukan bukti terkait suatu tindak pidana korupsi yang tengah diusut.

Sekadar informasi, tanggal 14 Juni 2023, Asep Guntur Rahayu Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK mengumumkan dimulainya penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi di lingkungan Kementan.

Selanjutnya, KPK meminta keterangan sejumlah orang sebagai saksi, termasuk Syahrul Yasin Limpo.

Sesudah memberikan keterangan, Senin (19/6/2023), Mentan mengatakan tidak mengetahui kasus yang tengah diusut KPK.

Walau begitu, dia bilang akan bersikap kooperatif dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs