Kamis, 9 Mei 2024

Seharian ini Hujan Diprakirakan Melanda Sebagian Besar Wilayah Jatim

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) akan hujan seharian ini, Senin (27/3/2023).

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, BMKG memprakirakan hujan berintensitas sedang hingga lebat disertai petir, pada Senin pagi hingga Selasa (28/3/2023) dini hari.

Pagi hari, kawasan yang diprakirakan hujan yakni Kabupaten Pacitan, Kediri, Jember, Banyuwangi, Pamekasan, Sumenep dan Kota Batu.

Sementara untuk siang sampai sore hari, hujan akan mengguyur Kota Surabaya, Mojokerto, Blitar, Kediri, Malang, Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan, Nganjuk, Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Adapun hujan pada malam hari diprediksi melanda wilayah Kota Madiun, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Banyuwangi, Bangkalan dan Sumenep. Sedangkan pada Selasa dini hari, kawasan yang diprakirakan hujan yaitu Kabupaten Gresik dan Pamekasan.

Sebagai informasi, suhu udara di Wilayah Jatim berkisar 14-33 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 60-100 persen. Angin akan dominan berhembus dari arah Barat ke Barat Laut, dan kecepatannya di kisaran lima sampai 30 kilometer per jam.

Di sisi lain, seluruh wilayah Perairan Jatim diprediksi BMKG Maritim Tanjung Perak akan terjadi hujan dengan intensitas ringan-sedang.

Kondisi angin didominasi dari arah Barat ke Barat Laut, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 17 knots (31 kilometer/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.5 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.2-1.3 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.8 meter.

BMKG Tanjung Perak juga mengimbau masyarakat mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia Selatan Jatim. (bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs