Kamis, 9 Mei 2024

Suplai Air Jadi Kendala Petugas Padamkan Kebakaran Gudang Lazada di Sidoarjo

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Petugas damkar waktu melakukan penyedotan air di sungai sisi utara gudang untuk menjaga suplai amunisi, Jumat (8/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Kebakaran gudang Lazada di Jalan Raya Sadang, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur masih belum padam total hingga Jumat (8/12/2023) siang. Petugas pemadam kebakaran (Damkar) mengaku suplai air yang terlalu jauh jadi kendala. Hal itu diungkapkan Sutoyo Komandan Pleton Pos Damkar Waru Sidoarjo

Kata Sutoyo, untuk meminimalisir kendala itu, petugas Damkar memanfaatkan sungai kecil yang terletak di sisi sebelah utara gudang.

Satu armada dikerahkan untuk menyedot air dari sungai tersebut, kemudian disalurkan ke melalui selang. Petugas juga menjebol pagar tembok di sisi utara supaya selang bisa langsung masuk ke dalam area gudang.

“Kita ambil di sungai sampai tiga selang, mungkin lima selang (ukurannya) 100 meteran,” ujar Sutoyo waktu ditemui di lokasi, Jumat (8/12/2023).

Hingga kini petugas damkar masih melakukan penyedotan air di sungai tersebut supaya pasokan amunisi air tetap terjaga. Sebab hingga kini petugas masih melakukan pemadaman.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, ada dua gudang yang terdampak kebakaran hingga atapnya runtuh dan temboknya hampir ambruk. Total ada tiga gudang di area tersebut.

Sementara itu ledakan-ledakan dari dalam gudang masih terus terdengar yang sumber suaranya dari dua gudang terbakar. Kata Sutoyo di dalam gudang itu ada berbagai barang yang rencananya akan dikirim ke berbagai wilayah.

“Barang paketan, mungkin banyak sekali bermacam-macam. Dan ada suara ledakan seperti dari obat nyamuk semprot, meledak terus, saya kondisikan pada anggota untuk tetap waspada, dan selalu berhati-hati,” ujarnya.

Petugas menjebol tembok gudang di sisi utara untuk menghubungkan air dengan armada penyedot di sungai supaya pasokan air terjaga, Jumat (8/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net
Petugas menjebol tembok Gudang Lazada di sisi utara untuk menghubungkan air dengan armada penyedot di sungai supaya pasokan air terjaga, Jumat (8/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Diberitakan sebelumnya, menurut keterangan dari Kepolisian Polsek Taman dan relawan BPBD Jawa Timur kebakaran terjadi sekitar pukul 01.25 WIB, Jumat (8/12/2023) dini hari.

“Awalnya pihak keamanan gudang melapor kebakaran ke Polsek Taman, lalu dari Polsek melapor kami, bahwa kebakaran terjadi pukul 01.25 WIB,” kata Andre relawan BPBD Jawa Timur waktu ditemui di lokasi.

Melalui satpam penjaga gudang, Andre memastikan bahwa bangunan yang terbakar merupakan gudang penyimpanan e-commerce.

“Iya sudah memastikan kalau gudang penyimpanan Lazada,” katanya.

Sementara itu sembilan armada Damkar se Kabupaten Sidoarjo dan dua mobil rescue dikerahkan untuk menangani kebakaran ini.

Rincian armada damkar berasal dari Posko Waru, Posko Krian, Posko Kota Sidoarjo, Posko Candi, dan Posko Porong. Hinggi kini belum ada keterangan terkait penyebab terjadinya kebakaran.(wld/and/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
29o
Kurs