Senin, 29 April 2024

Terima Kunjungan Presiden Iran, Jokowi Presiden RI Bahas Kerja Sama Kedua Negara

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI, hari ini, Selasa (23/5/2023), menerima kunjungan kenegaraan Seyed Ebrahim Raisi Presiden Republik Islam Iran, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Joko Widodo Presiden RI, hari ini, Selasa (23/5/2023), menerima kunjungan kenegaraan Seyed Ebrahim Raisi Presiden Republik Islam Iran, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Sekitar pukul 10.40 WIB, mobil yang membawa Presiden Iran masuk Istana Bogor. Begitu turun dari mobil, Raisi langsung disambut Jokowi yang menunggu di halaman depan.

Kemudian, kedua kepala pemerintahan langsung menyaksikan upacara penyambutan dan mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara.

Jokowi dan Raisi lalu berkeliling memeriksa pasukan penyambutan. Sesudah itu, RI 1 mengajak Presiden Iran mengisi buku tamu, dan berbincang sejenak di beranda halaman belakang Istana Bogor.

Selanjutnya, kedua pemimpin negara menanam Pohon Kayu Ulin Besi, di area belakang Istana Bogor, sebagai simbol persahabatan kedua negara.

Lalu, kedua presiden kembali melakukan pembicaraan tatap muka atau yang biasa disebut veranda talk di bagian beranda belakang Istana Kepresidenan.

Sekadar informasi, kunjungan kenegaraan Presiden Republik Islam Iran bertujuan mempererat kerja sama kedua negara yang sudah terjalin sedari tahun 1950.

Pertemuan itu juga diproyeksikan menghasilkan 10 kesepakatan kerja sama kedua negara, antara lain di sektor perdagangan, ilmu pengetahuan dan teknologi, farmasi, serta pemberantasan peredaran gelap narkotika.

Tahun 2022, nilai kerja sama perdagangan Indonesia dan Iran tercatat mencapai 257 juta Dollar AS atau meningkat 23 persen dari tahun 2021.

Rencananya, sesudah bertemu Jokowi, Raisi akan bertemu Puan Maharani Ketua DPR RI dan Bambang Soesatyo Ketua MPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Presiden Iran juga dijadwalkan melakukan ramah-tamah dengan para cendekiawan, dosen, mahasiswa serta pelaku usaha di Indonesia.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs