Minggu, 3 Maret 2024

Tol Paspro Probolinggo Timur-Gending Dibuka untuk Urai Kemacetan Mudik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Timbul Prihanjoko Wakil Bupati Probolinggo didampingi Direktur Utama PT. Trans-Jawa Paspro Jalan Tol resmikan pembukaan jalur fungsional seksi 4A Probolinggo Timur-Gending, Minggu (16/4/2023). Foto: Antara

Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) fungsional seksi 4A Probolinggo Timur-Gending di Gerbang Tol Gending, Desa Sumberkerang, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, dibuka untuk mengurai kemacetan saat arus lalu lintas mudik dan balik Lebaran 2023.

Timbul Prihanjoko Wakil Bupati Probolinggo didampingi Mulya Setiawan Direktur Utama PT Trans-Jawa Paspro Jalan Tol bersama forum komunikasi pimpinan daerah dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, meresmikan pembukaan jalur fungsional seksi 4A Probolinggo Timur-Gending itu, Minggu (16/4/2023).

“Tol Paspro fungsional seksi 4A Probolinggo Timur-Gending dibuka untuk membantu masyarakat yang melakukan perjalanan selama arus mudik dan balik Lebaran 2023,” kata Mulya Setiawan Direktur Utama PT Trans-Jawa Paspro Jalan Tol.

Melansir dari Antara, pembukaan fungsional seksi 4A Probolinggo Timur-Gending ruas jalan Tol Pasuruan-Probolinggo itu dilakukan dalam rangka mendukung kelancaran bagi pengguna kendaraan pada situasi arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

“Hal itu untuk mengantisipasi kemacetan selama arus mudik hingga balik di Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah, sehingga fungsional seksi 4A Probolinggo Timur (Tol Gending) dapat dimanfaatkan selama dua minggu mulai 16 April hingga 30 April 2023,” katanya.

Setelah 30 April 2023, lanjut dia, fungsional seksi 4A Tol Gending akan ditutup kembali untuk dilakukan penyempurnaan jalan (tinggal pekerjaan minor saja) dan setelah itu PUPR akan melakukan uji laik fungsi jalan tol tersebut.

Jalan Tol Paspro terdapat empat seksi yakni untuk seksi 1, seksi 2 dan seksi 3 sepanjang 30 km dimulai dari Grati sampai Probolinggo Timur. Kemudian seksi dari Probolinggo Timur exit tol berada di Gending dengan jalur utamanya 8,5 km, sedangkan exit tol dari simpang Gending sampai pantura sepanjang 4 km.

Sementara Timbul Prihanjoko Wakil Bupati Probolinggo mengatakan, Pemkab Probolinggo mendukung penuh segala sesuatu yang akan dibutuhkan untuk fungsional ruas tol itu, baik kesiapan rambu lalu lintas ataupun personel pendukung di lapangan.

Menurutnya, Tol Paspro ruas Probolinggo Timur-Gending itu dapat digunakan bagi pemudik yang memiliki akses kartu tol dengan tarif Rp0 dengan cara melakukan tapping kartu tol pada pintu masuk tol, sehingga hanya dari Gending ke Leces yang gratis, sedangkan Probolinggo Timur hingga Pasuruan tetap tarifnya sesuai ketentuan.

“Dengan di bukanya jalan tol Paspro exit Gending itu sebagai bentuk wujud dalam maksimalisasi layanan para pemudik pada momentum Lebaran. Semua elemen masyarakat diharapkan bisa tetap menjalankan tertib lalu lintas, agar semua dapat berjalan lancar,” katanya.(ant/abd/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
26o
Kurs