Jumat, 19 April 2024

Ubaya Luncurkan Mobil Listrik CEVI C1 Hasil Kolaborasi dengan PT Grain

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Mobil listrik Cevi C1 dari Fakultas Teknik Ubaya saat diluncurkan di depan gedung perpustakaan Ubaya kampus Tenggilis Mejoyo Surabaya, pada Sabtu (11/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Program Studi Teknik Mesin dan Manufaktur Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya), memperkenalkan mobil listrik bernama Center for Electric Vehicles Innovation (Cevi) C1, pada Sabtu (11/3/2023), di Kampus Ubaya Tenggilis, Surabaya.

Susila Candra penanggungjawab Cevi C1 menyatakan, mobil yang dibuat atas kolaborasi dosen, mahasiswa, laboran Ubaya, dan PT Great Asia Link (Grain) itu memiliki keunggulan hemat energi.

“Cevi C1 dirancang sebagai mobil listrik berkonsep city car, tujuan utamanya adalah agar bisa digunakan masyarakat perkotaan dalam proses perekonomian,” ucapnya.

Ia mengatakan, bahwa mobil yang dirancang dengan bentuk streamline itu memiliki kapasitas baterai sebesar 60 volt 200 ampere dan dapat menempuh jarak 200 kilometer dengan kecepatan rata-rata 60 kilometer per-jam dalam sekali charging. Sedangkan kecepatan maksimumnya mencapai 70 kilometer per-jam.

“Dalam waktu dekat, mobil ini juga akan diproduksi dalam jumlah banyak dan dikomersialisasikan,” ungkapnya.

Selain mobil, ia menyampaikan bahwa FT Ubaya juga memamerkan motor listrik dengan nama CEVI M1+ yang merupakan pengembangan dari motor listrik CEVI M1 yang diluncurkan tahun 2022 lalu.

Perbedaannya, kata Susila, terletak pada penambahan empat sel baterai yang menjadikan motor listrik menempuh jarak lebih jauh, serta memiliki sistem charging dan pembaruan bodi motor.

“Dulu kecepatannya sekitar 72 kilometer per jam untuk jarak tempuh 200 kilometer. Karena ada penambahan baterai, kecepatan maksimalnya bertambah jadi 90 kilometer per jam untuk jarak tempuh 250 hingga 300 kilometer,” jelasnya.

Sementara itu, Benny Lianto Rektor Ubaya menyatakan, terwujudnya kendaraan listrik tersebut memiliki makna bahwa Ubaya akan terus bergerak dan bertransformasi menjadi research and entrepreneurial university.

“Ubaya terus mendorong dan mengoptimalkan tumbuhnya inovasi berbasis riset di kampus,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa peluncuran mobil listrik C1 dan motor listrik Cevi M1+ juga bagian dari perayaan Dies Natalis Ubaya ke-55 tahun ini.

“Yang mana, Dies Natalis tahun ini Ubaya mengusung tema Managing Rejuvenation in the Double Disruption Era, Transforming Research Into Impactful Innovation,” pungkasnya.(ris/abd/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs