Minggu, 28 April 2024

Unair Jadi Satu-satunya Universitas Raih Nilai Kearsipan Sangat Memuaskan di Indonesia

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Kiswari Kepala Bidang Kearsipan Universitas Airlangga. Foto: Unair

Kearsipan Universitas Airlangga (Unair) berhasil meraih akreditasi dengan kategori AA atau sangat memuaskan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Capaian itu, sekaligus membuat Unair menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil mendapat nilai tertinggi.

Kiswari Kepala Bidang Kearsipan Unair mengatakan, capaian akreditasi itu merupakan hasil kerja sama dari berbagai pihak, salah satunya bidang kearsipan di setiap fakultas maupun unit kerja kampus.

“Senang sekali bisa mengharumkan nama Unair di tingkat nasional. Untuk prestasi ini, hanya Unair satu-satunya universitas yang dapat akreditasi double A,” katanya pada Senin (18/12/2023).

Kearsipan Unair meraih akreditasi dengan kategori AA atau sangat memuaskan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Foto: Unair

Dengan raihan itu, kata dia, kearsipan Unair telah memenuhi standar tertinggi dalam pengelolaan arsip, termasuk aspek tata kelola, keamanan, dan aksesibilitas.

Lebih lanjut, ke depan ia menyatakan bahwa ke depan perlu adanya inovasi soal digitalisasi kearsipan. Yakni, sebagai upaya untuk mempermudah pengelolaan, baik bagi lembaga, maupun masyarakat yang membutuhkan data tersebut.

“Tapi arsip yang sobek-sobek, kertas lama yang sudah asam, yang dimakan hewan, itu bisa kita perbaiki. Ada tekniknya tersendiri. Di arsip universitas ada,” jelasnya.

Ia berharap dengan prestasi yang diraih itu, ke depan, Unair akan mampu mempertahankan serta meningkatkan kinerja kearsipan. Menurutnya, arsip menjadi pusat dokumentasi penting bagi berjalannya sebuah lembaga. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs