Minggu, 5 Mei 2024

Ikatan Alumni FK Unair Cetak MURI Penyuluhan dan Edukasi Stunting di Lokasi Terbanyak

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Prof. Dr. dr. Budi Santoso Dekan FK Unair (paling kiri) saat menerima penghargaan MURI, Minggu (26/11/2023). Foto: Humas FK Unair Prof. Dr. dr. Budi Santoso Dekan FK Unair (paling kiri) saat menerima penghargaan MURI, Minggu (26/11/2023). Foto: Humas FK Unair

Ikatan Alumni Universitas Airlangga Komisariat Fakultas Kedokteran (IKA FK UNAIR) menyabet rekor MURI penyuluhan dan edukasi stunting di lokasi terbanyak.

Prof. Dr. dr. Budi Santoso Dekan FK Unair menyebut, 24 Oktober lalu serentak melakukan pengabdian masyarakat di 40 titik 24 provinsi di Indonesia.

“Kami melakukan pengabdian masyarakat (pengmas) stunting di 41 titik di 24 provinsi di Indonesia. Pelaksanaannya serempak pada tanggal 24 Oktober lalu dan dilaporkan live via Zoom,” terangnya lewat keterangan resmi FK Unair, Senin (27/11/2023).

Tema stunting dipilih, sambungnya, karena tahun ini stunting masih jadi tantangan kesehatan serta jadi target pemerintah untuk percepatan penurunan stunting.

Menurutnya, stunting tidak bisa selesai hanya sekali penyuluhan, perlu penanganan berkelanjutan. Stunting merupakan masalah multisektoral. Mulai nutrisi, pendidikan, dan masalah sosial seperti pencegahan pernikahan dini yang perlu diselesaikan.

Prof Bus, sapaan akrabnya, berharap, setidaknya gerakan ini bisa menjadi stimulus yang lain untuk terus berbuat dan mengedukasi masyarakat mengenai stunting.

“Jadi kalau dikatakan apakah kita akan mendapatkan MURI, biarlah MURI yang mencatatnya. Kalau apa yang kita lakukan itu menurut kriteria mereka memenuhi syarat akan hal itu. Jadi sekali-kali bukan tujuan kami (mendapatkan MURI),” tambahnya.

Sementara Bambang Wicaksono Sekretaris Umum Ikatan Alumni Komisariat Kedokteran Unair menambahkan, peraihan rekor MURI karena edukasi pada masyarakat ini termasuk peran alumni.

“Salah satu peran alumni adalah memberikan dukungan kepada fakultas kedokteran sebagai almamater. Terutama dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi yang didalamnya ada edukasi kepada masyarakat seperti ini,” jelasnya.

Selain terkait stunting, IKA FK Unair juga menyabet MURI webinar dengan pembicara dokter spesialis terbanyak dalam sehari. 69 topik bidang ilmu selama 12 jam dengan 69 narasumber dokter spesialis alumni angkatan 1998.

Kedua penghargaan, diberikan dalam acara penutupan Dies Natalis Pendidikan Dokter di Surabaya ke-110 dan Universitas Airlangga ke-69, kemarin Minggu (26/11/2023).

“Kami mengangkat topik praktik klinis dari A -Z. Webinar berlangsung pada 15 Oktober 2023. Mulai pukul 08.00 WIB pagi dan berakhir pada pukul 22.00 WIB,” tambah Linda Astari ketua Dies Natalis.

Sementara Andre Purwandono Senior Customer Relations Manager MURI menuturkan, dua rekor baru yang dicatatkan ini masuk dalam kategori superlative, segala sesuatu yang dapat dihitung.

“Kedua rekor ini belum pernah tercatat di MURI dan kami dari MURI sangat terhormat memberikan penghargaan untuk IKA FK UNAIR,” tukasnya. (lta)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs