Sabtu, 24 Februari 2024

Wali Kota Surabaya Beri Penghargaan ke Ratusan Pendonor Darah di HUT ke-78 PMI

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Simbolis pemberian penghargaan kepada pendonor darah dalam HUT ke-78 PMI di Graha Sawunggaling Pemkot Surabaya, Sabtu (16/9/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya memberikan penghargaan kepada 450 pendonor yang telah mendonorkan darah lebih dari 50 kali, dalam peringatan hari Palang Merah Indonesia (PMI) ke-78 di Graha Sawunggaling Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Sabtu (16/9/2023).

Eri mengatakan donor darah merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi sesama, terutama bagi mereka yang tengah membutuhkan untuk kesehatan.

“Karena saya yakin ketika donor diberikan dengan tujuan innamal a’malu binniyat kemudian di situ akan menjadi kebaikan-kebaikan, akan diridhoi,” ucapnya seusai memberikan penghargaan secara simbolis.

Donor darah, lanjut Eri, juga merupakan bagian dari upaya untuk mengimplementasikan khoirunnas anfauhum linnas, yakni menjadi manusa yang berguna bagi manusia yang lain.

Dengan banyaknya masyarakat yang memiliki jiwa kemanusiaan, salah satunya dengan mendonorkan darah, ia menyebut, saat itu jugalah doa-doa kebaikan akan dengan mudah mustajabah.

“Setiap memberikan tetesan darah doakan masyarakat surabaya rukun, masyarakatnya jauh dari marabahaya. Ketika tetesan darah itu keluar diberikan kepada orang lain yang membutuhkan, maka disitulah lisan yg keluar kalimat-kalimat akan diridhoi,” tuturnya.

Lebih lanjut orang yang ikhlas mendonorkan darah, kata Eri, menjadi bukti bahwa nilai kemanusiaan lebih utama bagi mereka.

Apalagi darah hasil donor tidak memandang untuk siapa, baik suku Jawa, Sunda hingga Batak, maupun dari agama Islam, Kristen, Hindu maupun Budha dan lain sebagainya. “Jangan pernah merusak tali persaudaraan ini, terus berikan yang berbaik,” ucapnya.

Sementara itu, Ikhsan Ketua PMI Kota Surabaya menyampaikan bahwa hingga saat ini masih banyak masyarakat Surabaya yang mendonorkan darah.

Ia berharap, niat dan upaya baik itu dapat terus memberikan manfaat kepada seluruh yang membutuhkan.

“Untuk itu kami mengucapkan terima kasih, tetap semangat dan bersama-sama menjaga jiwa gotong royong kita, untuk semangat saling membantu,” pungkasnya. (ris/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
27o
Kurs