Minggu, 21 April 2024

Warga Selo Boyolali Siapkan Mitigasi Bencana Merapi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Para anggota komunitas Omah Sambung saat memberikan bantuan untuk warga. Foto: instagram @omah_sambung_boyolali

Komunitas Omah Sambung bersama dengan warga di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah menyiapkan mitigasi bencana di Kawasan Gunung Merapi.

Edo Setiawan Koordinator Omah Sambung Boyolali mengatakan, antisipasi dan mitigasi telah dimulai dalam kegiatan dialog bersama tim dan masyarakat Desa Stabelan dan Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (11/3/2023) malam.

Dia menjelaskan dialog warga itu membahas soal kesiapan masyarakat khususnya Desa Stabelan dan Tlogolele, untuk menghadapi bencana.

Melansir dari Antara, mitigasi bencana menjadi sangat penting dan merupakan konsentrasi dari program Omah Sambung, untuk membantu warga agar mengurasi resiko dari keadaan bencana, baik resiko kehilangan nyawa, harta benda, maupun ternak warga.

Omah Sambung merupakan komunitas warga yang didirikan Muchamad Nabil Haroen, untuk menyerap aspirasi sekaligus media pemberdayaan warga. Dalam beberapa bulan terakhir, Omah Sambung juga telah menggelar pelatihan tanggap bencana, bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana (Bapena) Pimpinan Pusat Pagar Nusa, yang diikuti oleh perwakilan warga dari Boyolali, Klaten, Sukoharjo dan Surakarta.

Edo mengatakan, warga meminta adanya pembangunan jembatan akses masuk ke Dukuh Stabelan, di mana warga dukuh Stabelan memerlukan jembatan yang memadai untuk digunakan warga.

“Apabila terjadi bencana seperti erupsi Gunung Merapi yang terjadi, jembatan tersebut dapat digunakan sebagai jalur evakuasi utama untuk warga Dukuh Stabelan yang jumlah warganya sekitar 165 kepala keluarga. Dukuh Stabelan merupakan dukuh yang jaraknya sekitar tiga kilometer dengan puncak Gunung Merapi,” jelasnya.

Edo menegaskan, komunitas secara intensif berkoordinasi dengan Gus Nabil Haroen sebagai anggota DPR RI serta beberapa pihak terkait.

Selain sebagai media penyambung aspirasi, Omah Sambung juga menyiapkan program-program pelatihan antisipasi bencana, SAR, penghijauan lingkungan, pelatihan UMKM dan pemberdayaan masyarakat setempat.(ant/abd/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 21 April 2024
29o
Kurs