Selasa, 30 April 2024

Wujudkan Impian Mendiang Istri, SBY Resmikan Museum dan Galeri SBY*ANI

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Suasana peresmian museum dan galeri SBY*ANI di Pacitan, Kamis (17/8/2023). Foto : Antara

Susilo Bambang Yudhoyono Presiden ke-6 RI, meresmikan Museum dan Galeri SBY*ANI yang dibangun menyerupai istana gedung putih, di Pacitan, Jawa Timur, Kamis (17/8/2023).

Melansir Antara, SBY didampingi kedua putranya serta anak menantu dan cucu, Kamis (17/8/2023) SBY membuka pintu museum yang dikemas dengan memadukan teknologi digital disertai efek pencahayaan modern.

Para tamu undangan yang hadir kemudian diajak memasuki museum yang dipenuhi lukisan, diorama serta karya seni terkait perjalanan hidup SBY sejak masih kecil, berkarir di militer hingga akhirnya terpilih menjadi Presiden ke-6 RI selama dua periode.

SBY menyatakan bahwa pembangunan museum dan galeri SBY*ANI adalah bukti cinta dan kasihnya kepada rakyat Indonesia, institusi TNI tempatnya berkiprah dalam dunia militer, dan mendiang istri tercintanya, Ani Yudhoyono, yang telah mendukung impian pembangunan museum tersebut sebelum ia berpulang.

“Museum dan Galeri ini bentuk rasa cinta saya kepada rakyat, TNI dan istri saya tercinta Ani Yudhoyono,” ucap SBY saat menyampaikan pidato sambutan.

Menurutnya, sosok Ani lah yang mendorong SBY untuk segera membangun Museum dan Galeri SBY*ANI di tanah kelahiran SBY di Pacitan.

Tekad tersebut semakin kuat saat Ani sedang melawan penyakitnya pada tahun 2019. Harapan untuk mendirikan museum bersama SBY belum sempat terwujud hingga ibu negara Presiden ke-6 RI itu berpulang.

Namun mimpi itu tidak pernah padam. Cinta tulus SBY menguatkannya untuk membangun museum dan galeri SBY*ANI di Kota 1001 Goa, Pacitan.

“Merasa bersyukur amanah almarhum telah ditunaikan. Semoga tersenyum dan turut bahagia dengan peresmian ini,” lanjut dia.

Ia mengatakan, peresmian museum dan galeri SBY*ANI sengaja dipilih pada tanggal 17 Agustus 2023, bertepatan dengan HUT RI karena dinilai sebagai hari yang bersejarah.

“Hari ini baik karena berbarengan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga museum ini bisa menjadi bagian dari perjalanan bangsa kita ke arah yang lebih baik,” ucap SBY.

Menurut SBY, museum dan galeri ini, bisa menembus dimensi waktu, masa lalu, masa kini, dan masa depan. SBY berharap dengan hadirnya museum ini bisa menginspirasi generasi muda.

“Untuk meraih cita cita besar, tidak ada jalan yang lunak, tidak ada resep ajaib. Tapi dengan pilihan prinsip dan jalan yang benar, selalu ada jalan dan solusi,” jelas SBY.

Selain menampilkan cerita masa muda SBY di Pacitan dan pengabdiannya sebagai abdi negara, museum ini juga memiliki Galeri Seni Ani Yudhoyono yang memajang koleksi seni SBY dan Ani.

“Sebagian besar adalah karya seniman-seniman Indonesia. Ada juga lukisan saya, serta fotografi karya Ibu Ani. Kami punya cita-cita menjadi bagian dari seni budaya agar Indonesia semakin indah dan teduh. Hadirnya seni akan mendatangkan kedamaian, ketentraman, dan kerukunan antar sesama,” pungkasnya. (ant/dvn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs