Sabtu, 25 Mei 2024

121 Ribu PNS Telah Ikuti Uji Kompetensi untuk Pindah ke IKN

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. Foto: surabaya.go.id

Sebanyak 121.626 orang pegawai negeri sipil (PNS) sudah mengikuti uji kompetensi yang diadakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai persiapan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Haryomo Dwi Putranto Plt Kepala BKN mengatakan penilaian itu menjadi prioritas di BKN untuk mengetahui potensi dan kompetensi para PNS yang akan dipindahkan ke IKN.

“Penilaian tersebut terus berlangsung hingga kebutuhan terpenuhi. Tentu kita inginkan mereka yang pindah itu betul-betul memiliki talenta yang diperlukan,” kata Haryomo saat konferensi pers di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, yang dilaporkan Antara, Selasa (19/3/2024).

Selain itu, ada pun uji kompetensi terhadap para PNS itu menurutnya sudah dilakukan sejak tahun 2022.

Pada tahun 2022 ada sebanyak 22.436 orang PNS, lalu pada 2023 ada sebanyak 96.760 orang PNS, dan pada 2024 atau hingga Februari 2024 ini sudah ada 2.430 orang yang mengikuti uji kompetensi.

Menurutnya, uji kompetensi tersebut dilakukan untuk bisa memperoleh informasi kompetensi para PNS yang berkaitan dengan literasi digital dan Core Value BerAKHLAK.

“Sehingga mereka yang dipindah itu betul-betul memenuhi kriteria, baik dari aspek kompetensi, potensi, dan yang berkaitan dengan integritas moral,” katanya.

Ia pun menjelaskan bahwa ASN yang akan dipindahkan ke IKN merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di instansi pusat atau setingkat kementerian, lembaga, dan badan.

Sementara saat ini, kata Haryomo, ada sebanyak 84 instansi pusat berkedudukan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“BKN sudah melakukan beberapa program kegiatan dalam rangka mendukung pemindahan ASN ke IKN. Kebijakan secara umum, makro, tentu akan disampaikan oleh MenPAN-RB,” ucapnya. (ant/sya/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
32o
Kurs