Rabu, 29 Mei 2024

OIKN Sebut Gen Z dan Milenial Tertarik Pindah ke Kota Nusantara

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ibu Kota Nusantara (IKN) Desain Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP Ibu Kota Negara Nusantara. Foto: Kementerian PUPR

Bambang Susantono Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebut Generasi Z dan milenial tertarik pindah ke Kota Nusantara karena disebutnya menawarkan kualitas hidup yang lebih baik.

“Hasil dialog kami dengan Gen Z dan milenial, tampaknya mereka sangat tertarik untuk ke IKN terutama karena ini merupakan kota dengan standar yang dikembangkan kelas dunia dan memiliki kehidupan yang lebih baik dari sisi lingkungan,” ujar Bambang dilansir Antara pada Senin (18/3/2024).

Ia juga berkeyakinan akan semakin banyak orang yang tertarik pindah ke IKN, karena kehidupan yang ditawarkan di ibu kota negara baru itu.

Awalnya ia beranggapan bahwa akan banyak orang yang bekerja di IKN, tetapi memilih tinggal di Balikpapan. Namun, pemikiran tersebut mulai berbalik, setelah ia melihat desain inovatif yang dikembangkan pengembang swasta dalam membangun IKN.

“Karena airnya bisa diminum, polusi rendah, tidak ada macet. Nanti jangan-jangan justru mereka yang sekarang (tinggal) di daerah-daerah lain ingin hidup dan bekerja di IKN ketimbang di tempat lain,” ujarnya.

Bambang kembali menegaskan bahwa IKN berkomitmen menciptakan kota yang hidup dan layak huni, berkomitmen terhadap kelestarian lingkungan dengan penggunaan energi terbarukan, ruang terbuka hijau yang luas, dan transportasi ramah lingkungan, termasuk menjadikan IKN sebagai kota dengan emisi nol bersih pada 2045.

Salah satu langkah konkret untuk mewujudkan ambisi ini adalah pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 50 megawatt (MW) oleh PT PLN. Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) ini diharapkan segera beroperasi dan memasok listrik IKN dengan energi bersih.

IKN juga akan mengembangkan angkutan umum tanpa awak hingga mobil terbang yang disiapkan untuk 2045. OIKN akan terlebih dahulu melakukan uji coba kelayakan untuk jenis transportasi tersebut.

Progres pembangunan IKN Tahap 1 sudah mencapai sekitar 77 persen. Tahap 1 ini mencakup Kawasan Istana Kepresidenan, Gedung Kemenko, dan hunian rumah tapak menteri, rumah susun aparatur sipil negara (ASN) dan TNI/Polri.

Akan ada 12 tower ASN yang ditargetkan siap huni pada Juni mendatang, sehingga ASN akan mulai pindah ke IKN pada Juni-Juli 2024.

IKN juga sedang disiapkan untuk menjadi lokasi upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus nanti. (ant/ike/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
27o
Kurs