Minggu, 16 Juni 2024

4.733 Calon Mahasiswa Baru Diterima di Unesa Jalur SNBP 2024

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi - Gedung Rektorat Unesa. Foto: Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menerima sebanyak 4.733 calon mahasiswa baru (camaba) dari total 26.037 pendaftar di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 .

Nurhasan Rektor Unesa mengatakan, jumlah camaba yang diteirma itu sekaligus memposisikan Unesa sebagai penerima mahasiswa baru terbanyak jalur SNBP 2024.

Catatan tersebut membuat Unesa mengungguli Universitas Brawijaya (UB) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Tren pendaftar Unesa mengalami kenaikan dari tahun ke tahun,” katanya pada Selasa (26/3/2024).

Madlazim Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unesa menambahkan, jumlah mahasiswa yang lolos jalur nasional itu, berdasarkan kuota penerimaan Unesa jalur SNBP sebesar 28 persen dari keseluruhan daya tampung.

“Daya tampung Unesa tahun 2024 mahasiswa baru ini yaitu 28 persen jalur SNBP, 44 persen jalur UTBK-SNBT, dan 28 persen jalur mandiri. Total keseluruhan daya tampung yaitu 17.130 mahasiswa. Daya tampung tahun ini turun jauh dari tahun lalu yaitu 22.915,” katanya.

Sementara itu, Sukarmin Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa mengatakan bahwa Prodi favorit atau dengan jumlah pendaftar tertinggi di Unesa jalur SNBP 2024 yaitu, S-1 Manajemen, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Psikologi, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Ilmu hukum, Bisnis Digital, Teknologi Informatika, Ilmu Administrasi Negara, dan Gizi.

“Kepada peserta yang berhasil lolos, Anda adalah orang-orang yang terpilih untuk kuliah di Unesa. Menyambut mahasiswa baru, pimpinan Unesa terus berkomitmen untuk menyelenggarakan tridarma yang berkualitas dan berdampak bagi mahasiswa, masyarakat dan negara,” ucapnya.

Pihaknya menghimbau, untuk peserta yang sudah lolos agar segera melakukan daftar ulang. Serta mengingatkan, bagi yang sudah lolos SNBP tidak bisa mendaftar jalur SNBT dan Mandiri hingga tiga tahun ke depan.

“Bagi yang belum lolos, tetap semangat, karena masih banyak kesempatan dan pintu masuk Unesa. Masih ada jalur SNBT dan Mandiri dengan kuota yang jauh lebih banyak. Segera siapkan diri dan mendaftar SNBT dan Mandiri di Unesa. Tetap semangat, tetap berjuang. Semoga sukses lolos masuk Unesa,” tandasnya.(ris/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs