Senin, 29 April 2024

Unesa Gandeng Universitas Islam Madinah untuk Perkuat Mutu Akademik

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Jajaran pimpinan universitas dan fakultas kampus Unesa saat melakukan kunjungan ke Universitas Islam Madinah, Arab Saudi. Foto: Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggandeng Universitas Islam Madinah (University of Madinah) sebagai upaya internasionalisasi program pendidikan.

Nurhasan Rektor Unesa mengatakan, ada beberapa macam program yang dibangun antara Unesa dengan Universitas Islam Madinah. Salah satunya yakni penguatan aspek akademik dalam bentuk pertukaran dosen atau dosen tamu.

“Unesa punya Prodi Ekonomi Islam yang didukung dengan para dosen ekonomi Islam dan agama Islam. Dengan kerja sama ini, dosen Unesa bisa lanjut studi di Universitas Islam Madinah atau menjadi dosen tamu khusus di sana,” katanya dalam keterangan yang diterima, Minggu (17/3/2024).

Hasan mengatakan, kerja sama itu dilakukan dengan Universitas Islam Madinah karena memiliki keunggulan di bidang keagamaan dengan kajian yang komprehensif, serta didukung dengan adanya pakar dan ulama.

Selain itu, Universitas Islam Madinah juga merupakan perguruan tinggi negeri terkemuka di Arab Saudi dengan jumlah 22 ribu mahasiswa dari berbagai negara. Mahasiswa dari Indonesia yang kuliah di kampus tersebut, tercatat ada sekitar 200 mahasiswa.

“Sehingga perlu menggandeng atau bersinergi dengan salah satu kampus terbaik di Arab itu untuk bekerja sama di bidang Tridarma Perguruan Tinggi,” ucapnya.

Sementara itu, Martadi Direktur Lembaga Pendidikan dan Sertifikasi Profesi (LPSP) Unesa berharap, dengan kerja sama tersebut terjadi penguatan akademik yang mendorong peningkatan mutu dan atmosfer akademik bertaraf global.

“Selama ini kita sudah banyak bekerja sama dengan perguruan tinggi asal Eropa, Jepang, dan Tiongkok. Maka saat ini sudah waktunya bagi Unesa untuk memperluas hubungan kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di timur tengah,” ujarnya.

Seperti diketahui, kerja sama tersebut dijalin oleh Unesa dan Universitas Islam Madinah di Arab dalam kunjungan yang diadakan awal Maret 2024. (ris/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs