Jumat, 21 Juni 2024

53 Rumah Warga di Madiun Diterjang Banjir Bandang

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Sebuah mobil yang terparkir setengah badannya terendam air akibat banjir bandang. Foto: Antara

Banjir bandang menerjang puluhan rumah warga di Dusun Kebonduren, Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun pada Senin (1/4/2024) petang.

Boby Saktia Putra Lubis Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun menyebut, berdasarkan dara sementara, terdapat 53 rumah yang terdampak banjir bandang.

“Kami menerima laporan warga terkait bencana banjir bandang di Dusun Kebonduren sekitar jam 18.00 WIB. Ada 53 rumah warga yang terdampak dan tidak ada korban jiwa,” ujar Boby dilansir Antara pada Selasa (2/4/2024) dini hari.

Hingga saat ini BPBD Kabupaen Madiun terus melakukan pemantauan, pendataan, dan pada Senin malam air dilaporkan sudah surut.

Ia menjelaskan bahwa bencana banjir bandang tersebut merupakan air kiriman dari sungai di wilayah Kecamatan Sekar, Bojonegoro. Setelah hujan deras selama beberapa jam mengguyur kawasan Pilangkenceng yang berbatasan dengan Bojonegoro.

Air sungai bercampur lumpur tiba-tiba menerjang kawasan tersebut dan masuk ke rumah warga dengan ketebalan sekitar sepuluh sentimeter.

“Karena hari sudah gelap, besok kami lanjutkan penanganan dan pembersihan, sambil menyiapkan solusi agar ke depan tidak terjadi banjir bandang lagi,” katanya.

Sementara itu, Agung Budiarto Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Madiun melaporkan, setidaknya ada lebih dari 50 Kepala Keluarga (KK) terkena imbas dari banjir bandang.

“Kami siapkan juga personel Tagana untuk membantu membersihkan rumah-rumah warga,” kata Agung.

Untuk sementara, warga yang rumahnya mengalami dampak terparah diungsikan ke rumah warga sekitar yang masih aman. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 21 Juni 2024
29o
Kurs