Senin, 22 Juli 2024

Bandara Sam Ratulangi Ditutup hingga Rabu Siang Imbas Erupsi Gunung Ruang

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Bandara Sam Ratulangi (Samrat) di Manado, pasca erupsi Gunung Ruang, Selasa (30/4/2024). Situasi Bandara Sam Ratulangi (Samrat) di Manado, pasca erupsi Gunung Ruang, Selasa (30/4/2024). Foto: Antara

PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi ditutup hingga hari Rabu (1/5/2024) pukul 12.00 WITA.

Keputusan itu akibat semburan abu Vulkanik Gunung Ruang Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

“Kami telah memperpanjang penutupan Bandara Samrat hingga besok siang,” kata Maya Damayanti GM Bandara Sam Ratulangi dilansir Antara, Selasa (30/4/2024).

Dia mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Otoritas Bandara, BMKG dan semua pemangku kepentingan untuk keselamatan bersama.

“Kami melakukan ini untuk keselamatan penerbangan,” katanya.

Sampai saat ini, katanya, ada ribuan penumpang yang harus menunda keberangkatan dari dan menuju Manado akibat semburan abu vulkanik Gunung Ruang.

Dia mengatakan sesuai dengan rilis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Ruang Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, masih menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik.

Erupsi disertai letusan dan awan panas Gunung api Ruang masih terjadi hingga Selasa pagi pukul 08:48 WITA.

Diketahui, berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik, maka tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (AWAS) terhitung mulai 30 April 2024 pukul 01.30 WITA. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Senin, 22 Juli 2024
26o
Kurs