Senin, 22 Juli 2024

Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara Imbas Abu Vulkanik Gunung Ruang

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado. Foto: Angkasa Pura I

Bandara Sam Ratulangi ditutup sementara akibat semburan abu vulkanik Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, yang kembali meletus pada Selasa (30/4/2024) pukul 02.00 WITA.

“Melihat semburan abu vulkanik yang sampai di Bandara Samrat, maka sesuai dengan Notam untuk sementara kami tutup,” kata Maya Damayanti GM Bandara Samrat dilansir dari Antara.

Mayta mengatakan, berdasarkan pengamatan aktivitas abu vulkanik Gunung Fuang dan Notam: A1144/24 NOTAMN, demi menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan operasional Bandara Samrat ditutup sementara hingga pukul 12.00 Wita hari ini.

“Kami menutup sementara aktivitas penerbangan dari dan menuju Manado hingga sebentar siang,” katanya.

Bandara Internasional Samrat beroperasi setelah enam hari ditutup, karena dampak abu vulkanik Gunung Ruang yang sebelumnya erupsi pada 16 April 2024 lalu. Kemudian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan bandara beroperasi mulai hari Senin (22/4/2024).

Namun, setelah sempat mereda sekira 10 hari pasca letusan pertama, Gunung Api Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro kembali meletus pada pukul 02.00 wita dini hari, Selasa, 30 April 2024. (ant/sya/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Senin, 22 Juli 2024
28o
Kurs