Minggu, 28 April 2024

Belasan Ribu Jemaah Salat Tarawih di Masjid Al-Akbar Surabaya Malam Ini

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Belasan ribu jemaah penuhi Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya dalam tarawih pertama di Ramadan 1445 Hijriyah, Senin (11/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Belasan ribu masyarakat dari Surabaya dan sekitarnya melangsungkan tarawih di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya pada Senin (11/3/2024) malam ini.

Helmy M. Noor Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya mengatakan, jumlah jemaah yang melangsungkan tarawih perdana dalam Ramadan 1445 Hijriyah itu seusai dengan perkiraan yang didasarkan tahun-tahun sebelumnya.

“Hari pertama membeludak, apalagi ini malam libur kan, sehingga jemaah semakin banyak. Prinsip kita siap menampung jemaah, baik di lantai satu maupun lantai dua dan semuanya nyaman,” katanya.

Dalam Ramadan tahun ini, Masjid Al-Akbar telah menyiapkan fasilitas tarawih secara menyeluruh. Ia menyebut, ada sebanyak 45 pintu Masjid yang dibuka, kemudian ada sebanyak 712 keran air wudhu yang bisa difungsikan oleh jemaah.

“Tujuannya, biar jemaah yang mau wudhu, tidak kehabisan air, kemudian tidak antri, dan air tetap bersih,” ucapnya.

Salat Tarawih di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Senin (11/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Selain itu, Masjid Al-Akbar juga telah menyiapkan 75 relawan untuk membantu mengatur shaf salat dan menjadi guide bagi jemaah yang datang ke Masjid, sehingga tidak kebingungan di mana pintu masuk, pintu keluar, tempat wudhu dan lain sebagainya.

Demi berlangsungnya tarawih dengan aman, lanjut dia, Masjid Al-Akbar juga telah menyiapkan tim keamanan dan tim medis lengkap dengan dua ambulan yang telah standby dan rumah sakit rujukan terdekat.

“Tujuannya untuk mengatansipasi jika ada jemaah yang sakit, sesuai SOP. Tetapi mudah-mudahan jemaah sehat semua sampai akhir,” katanya.

Seperti diketahui, dalam tarawih perdana di Masjid Al-Akbar dalam Ramadan 1445 Hijriyah, yang menjadi imam yakni KH Abdul Hamid Abdullah imam besar Masjid Al-Akbar Surabaya, dan Dr H. M Sudjak sebagai penceramah dengan mengusung tema “Marhaban Ya Ramadan”. (ris/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs