Kamis, 2 Mei 2024

Cuaca di Jatim Diprakirakan Hujan Sedang Hingga Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan disertai petir. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memberikan peringatan dini supaya masyarakat mewaspadai cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jawa Timur pada Jumat (9/2/2024) hari ini.

“Pada siang hingga sore hari di wilayah Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, dan Sampang diprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, dan angin kencang,” demikian dalam keterangan tertulis dari BMKG Juanda yang diterima suarasurabaya.net, Jumat.

Sedangkan pada malam hari cuaca tersebut diprakirakan terjadi di wilayah Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Kabupaten Malang dan Lumajang. Serta pada dini hari di wilayah Gresik.

Suhu udara di Jawa Timur berkisar 13-34 derajat Celcius. Kelembapan udara berkisar 6 -100 persen, dan angin dominan dari Barat Daya-Selatan dengan kecepatan 5-30 km/jam.

BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya juga memberikan informasi, cuaca di seluruh perairan Jawa Timur pada Jumat (9/2/2024) diprakirakan hujan ringan hingga sedang.

Arah angin didominasi dari Barat Daya-Barat, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 12 knot (22 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 11 knot (20 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.2-0.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.5-1.5 meter.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs