Minggu, 14 Juli 2024

H-1 Lebaran, Jumlah Pemudik di Terminal Purabaya Mulai Menurun

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Terminal Purabaya Bungurasih dalam arus mudik Lebaran 2024. Foto: Risky suarasurabaya.net

Satu hari menjelang Idulfitri 1445 H/2024, Terminal Purabaya Bungurasih mencatat mulai ada penurunan jumlah penumpang jika dibandingkan dengan masa puncak arus mudik sebelumnya.

“Ada penurunan 31 persen dari kemarin,” kata Sarah Abigail Kepala Humas Terminal Tipe A (TTA) Purabaya kepada suarasurabaya.net pada Selasa (9/4/2024).

Ia mengatakan, dalam rekap data hari ini mulai pukul 00.00 hingga 15.00 WIB ada 30.128 penumpang. Sedangkan, pada 8 April kemarin, total ada sebanyak 53.317 penumpang.

Dalam prediksi Terminal Purabaya, hari ini merupakan akhir puncak mudik Lebaran gelombang kedua. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan setelah Salat Idulfitri 1445 H, Rabu (10/4/2024) besok, masih ada masyarakat yang baru akan pulang kampung.

Sementara itu, Achmad Badik kepala Terminal Purabaya mengatakan, setelah nanti arus mudik tuntas, pihaknya memperkirakan arus balik akan terjadi juga dalam dua gelombang.

Gelombang pertama di Terminal Purabaya akan terjadi pada 14-15 April. Sedangkan gelombang kedua akan terjadi pada 20-21 April mendatang.

“Puncak arus balik gelombang pertama hari Minggu sama Senin, karena itu libur terakhir di hari Senin. Yang gelombang kedua, itu juga kami siagakan,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk mudik hingga arus balik, mulai dari keamanan, kesehatan hingga pos pengaduan.

Posko pelayanan untuk arus mudik dan balik itu, kata dia, dalam jadwal akan selesai pada tanggal 18 April. Meskipun begitu, pihaknya akan tetap memaksimalkan pelayanan arus balik hingga lepas 22 April, sebagai antisipasi lonjakan.

“Makanya untuk antisipasi itu kita koordinasi dengan berbagai pihak terkait,” pungkasnya. (ris/ike/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 14 Juli 2024
21o
Kurs