Minggu, 14 Juli 2024

Terminal Purabaya Layani Lebih dari 36 Ribu Pemudik pada Akhir Pekan Ini

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Masyarakat memadati Terminal Purabaya Bungurasih, Sabtu (6/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Terminal Purabaya Bungurasih dipadati oleh pemudik di akhir pekan pada gelombang pertama puncak arus mudik Lebaran 2024.

“Dalam data hingga pukul 16.25 tadi sore, tercatat ada 36.550 pemudik,” kata Sarah Abigail Kepala Humas Terminal Tipe A (TTA) Purabaya kepada suarasurabaya.net, Sabtu (6/4/2024).

Jumlah itu, akan terus bergerak mengalami kenaikan, seiring dengan masih berada di waktu mudik Lebaran tahun ini.

Sebelumnya, di puncak mudik Lebaran pada tanggal 4 dan 5 April, pihaknya mencatat ada sebanyak 61 ribu lebih orang yang memadati Terminal Purabaya.

Sehingga, total hingga saat ini di gelombang pertama, ada sekitar 97 ribu masyarakat yang mudik lewat Terminal di Bungurasih tersebut.

Sementara itu, M. Badik Kepala Terminal Purabaya mengatakan, setelah mudik gelombang pertama nanti tuntas, pihaknya memperkirakan akan ada kembali lonjakan di gelombang kedua, yakni yang diprediksi akan terjadi pada 8-9 April mendatang.

“Dan puncak mudiknya mungkin nanti akan terjadi pada tanggal 8 sama 9 itu,” tuturnya.

Pihaknya telah mengantisipasi berbagai perkiraan lonjakan di Terminal Purabaya tersebut, yakni dengan memaksimalkan posko-posko khusus untuk memantau situasi. Serta, menyiapkan petugas yang berjaga selama 24 jam di semua titik pos yang ada di Terminal Purabaya dalam periode mudik lebaran.

Pihaknya juga telah menyediakan tenaga kesehatan, baik bagi penumpang maupun kru bus yang membutuhkan bantuan medis selama periode mudik lebaran.

Sedangkan untuk keamanan, Terminal Purabaya juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, mulai dari Polresta Sidoarjo, Polsek Waru, Koramil, Babinsa, Pemadam Kebakaran (Damkar), hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Kami menghimbau, agar para pemudik menjaga kesehatan, dan menjaga barang-barangnya demi keamanan, karena semakin banyak penumpukan orang tentunya ada risiko yang semakin tinggi terjadinya tindak kejahatan. Jadi, masing-masing juga harus bisa menjaga diri,” tandasnya. (ris/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 14 Juli 2024
21o
Kurs