Minggu, 14 Juli 2024

H-2 Lebaran Idulfitri, 52 Ribu Orang Padati Terminal Purabaya Bungurasih

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pemudik saat turun dari bus di Terminal Purabaya Bungurasih, Senin (8/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dua hari menjelang Hari Raya Idulfitri, sekitar 52 ribu orang memadati Terminal Purabaya Bungurasih, Sidoarjo, Jawa Timur dalam gelombang kedua puncak arus mudik Lebaran 2024.

“Hari ini, dari jam 12 malam sampai jam 3 sore, update data produksi kita itu sekitar 52 ribu penumpang yang masuk ke terminal ini,” kata Januar Putra Milenia selaku tim Informasi Teknologi (IT) dan Humas Terminal Purabaya Tipe A Surabaya pada Senin (8/4/2024).

Januar mengatakan, dalam puncak arus mudik gelombang kedua itu, Terminal Purabaya diprediksi masih akan dipadati penumpang hingga besok, Selasa (9/4/2024).

“Sama seperti gelombang pertama, kita prediksi ada sekitar 50-60 ribu penumpang setiap harinya. Untuk hari biasa kita ada 30 ribu penumpang, sekitaran segitu,” katanya.

Para pemudik saat berjalan menuju shelter keberangkatan Terminal Purabaya Bungurasih, Sidoarjo, Senin (8/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam gelombang pertama, jelas dia, Terminal Purabaya dipadati masyarakat karena juga bertepatan dengan libur sekolah. Sedangkan gelombang kedua juga tetap padat karena bertepatan dengan libur karyawan yang ada di dalam maupun di luar Kota Surabaya.

Dengan bertambahnya masyarakat yang datang dan berangkat dari Terminal Purabaya, ia menyatakan bahwa sebelumnya pihaknya telah melakukan berbagai antisipasi, salah satunya penambahan unit armada.

“Saat ini kita ada penambahan 200 sampai 300 unit armada. Yang diutamakan tujuan seperti Mojokerto, Nganjuk dan sebagainya,” bebernya.

Selain itu, Terminal Purabaya juga telah menyiapkan beberapa posko keamanan dan pengaduan yang berada di shelter keberangkatan dan kedatangan. Serta, telah berkerja sama dengan tim kepolisian hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Ia juga tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga barang bawaan dengan sebaik mungkin, untuk lebih memastikan keamanan masyarakat di Terminal.

“Agar selalu menjaga barang bawaan, dan hindari jam-jam rawan, seperti jam malam. Lebih baik berangkat pagi sampai sore saja lebih baik,” pungkasnya.(ris/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 14 Juli 2024
21o
Kurs