Sabtu, 18 Mei 2024

Puncak Arus Mudik Gelombang Dua di Terminal Purabaya Diprediksi Terjadi pada 8-9 April

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Para penumpang saat turun bus di Terminal Purabaya Bungurasih, Jumat (5/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net Ilustrasi - Para penumpang saat turun bus di Terminal Purabaya Bungurasih, Jumat (5/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

M. Badik Kepala Terminal Purabaya menyatakan, ada dua gelombang puncak arus mudik di Terminal Purabaya Bungurasih dalam lebaran Idulfitri 2024.

Gelombang pertama, terjadi pada tanggal 4-6 April. Sedangkan gelombang kedua, akan terjadi pada tanggal 8-9 mendatang.

“Puncak mudiknya mungkin nanti akan terjadi pada tanggal 8 dan 9,” katanya kepada suarasurabaya.net Jumat (5/4/2024).

Di tanggal 1 April kemarin, ia menyebut, masyarakat sudah mulai berbondong-bondong menuju Terminal Purabaya. Tetapi, angka pemudik masih belum tinggi.

“Dari tanggal 1 April sampai tanggal 2 April kemarin masih landai. Seperti hari-hari biasa, kalau hari Selasa, Rabu, Kamis itu cukup landai kalau hari biasa,” ujarnya.

Tetapi, di tanggal-tanggal yang tercatat dalam gelombang satu dan dua, ia menyatakan akan terjadi lonjakan. Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah untuk memastikan mudik lebaran tetap dalam kondisi aman.

Para penumpang bus saat berada di Terminal Purabaya Bungurasih, Jumat (5/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net
Para penumpang bus saat berada di Terminal Purabaya Bungurasih, Jumat (5/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Langkah tersebut, dilakukan dengan menyiapkan posko-posko khusus untuk memantau situasi. Serta, menyiapkan petugas yang berjaga selama 24 jam di semua titik pos yang ada di Terminal Purabaya, dalam periode mudik lebaran.

Pihaknya juga telah menyediakan tenaga kesehatan, baik bagi penumpang maupun kru bus yang membutuhkan bantuan medis selama periode mudik lebaran.

Sedangkan untuk keamanan, Terminal Purabaya juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, mulai dari Polresta Sidoarjo, Polsek Waru, Koramil, Babinsa, Pemadam Kebakaran (Damkar), hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Saperti diketahui, dari tanggal 1 hingga 5 April sore hari, tercatat telah ada sebanyak 61 ribu masyarakat yang memadati Terminal Purabaya. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus mengalami kenaikan karena masih dalam masa periode mudik lebaran 2024.(ris/azw/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
27o
Kurs