Sabtu, 27 April 2024
Indonesia-Japan Friendship Day Ishikawa 2024:

KBRI Tokyo Lakukan Pelayanan Kekonsuleran di Wilayah Terdampak Gempa Ishikawa

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Heri Akhmadi Dubes RI untuk Jepang (tengah) saat bertemu para WNI di Indonesia Japan Friendship Day (IJFD) Ishikawa. Minggu (24/3/2024). Foto: KBRI Tokyo Heri Akhmadi Dubes RI untuk Jepang (tengah) saat bertemu para WNI di Indonesia Japan Friendship Day (IJFD) Ishikawa. Minggu (24/3/2024). Foto: KBRI Tokyo

Pada program Indonesia Japan Friendship Day (IJFD) Ishikawa, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar pelayanan kekonsuleran dan layanan lainnya kepada Warga Negara Indonesia (WNI) di Prefektur Ishikawa pada Minggu, (24/3/2024).

Pelayanan ini untuk memastikan WNI terdampak gempa di wilayah Ishikawa termasuk Noto Peninsula dan sekitarnya dapat memperoleh pelayanan kekonsuleran yang memadai.

Sebanyak 186 WNI yang mayoritas bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) mendapatkan pelayanan paspor, buku pelaut, serta konsultasi kekonsuleran, dan kepabeanan. Pada kesempatan tersebut KBRI Tokyo juga menyelenggarakan dialog, sosialisasi lapor diri serta sosialiasi aturan-aturan perpajakan/kepabeanan. Sebelumnya pada kesempatan terpisah (Jumat, 22/3/2024) sebanyak 21 pelajar Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) mendapatkan pelayanan dan konsultasi pendidikan.

Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang memastikan upaya maksimal dari perwakilan Pemerintah Indonesia di Jepang dalam pelayanan dan perlindungan WNI, termasuk di wilayah terdampak seperti Prefektur Ishikawa pasca bencana.

“KBRI Tokyo senantiasa siap berikan pelindungan dan pelayanan terbaiknya bagi WNI di Jepang, termasuk di wilayah terdampak bencana. Khusus kepada teman-teman ABK saya berpesan agar pahami hak dan kewajiban yang berlaku, pelajari kontrak dengan baik. Taati aturan hukum yang berlaku di Jepang. Kerja keras, tekun, dan belajar beradaptasi dengan baik serta jangan lupa lapor diri,” pesan Heri yang dalam kunjungan di Ishikawa.

WNI ynag melakukan pendataan pada acara Indonesia Japan Friendship Day (IJFD) Ishikawa, Minggu (24/3/2024). Foto: KBRI Tokyo
WNI yang melakukan pendataan pada acara Indonesia Japan Friendship Day (IJFD) Ishikawa, Minggu (24/3/2024). Foto: KBRI Tokyo

Dalam pertemuan dengan ABK Indonesia di Ishikawa Prefectural of Fisheries Co-operative Association pada, Sabtu (23/3/2024) yang dihadiri 30 orang ABK Indonesia, Heri juga berkesempatan meninjau asrama ABK Indonesia. Selain dialog interaktif, KBRI juga melaksanakan sosialisasi lapor diri dan aturan-aturan terkini terkait kepabeanan.

Dalam rangkaian IJFD, Heri Akhmadi melakukan kunjungan dan pertemuan dengan Prof Wada Takashi dan Prof Shimura Megumi Rektor dan Wakil Rektor Universitas Kanazawa, antara lain untuk membahas peluang kerja sama pengiriman mahasiswa Strata I Indonesia dengan skema IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards). Selain itu juga dibahas peningkatan kerja sama dengan universitas di Indonesia di bidang kedokteran.

Sebelumnya, pada Jumat, (22/3/2024), Heri menganugerahkan Ambassador Award untuk sejumlah individu dan organisasi yang berkontribusi aktif dalam penanganan WNI terdampak bencana gempa di Prefektur Ishikawa. Penerima Ambassador Award ini adalah pasangan Nengsih dan Tsuchida Naoto, Hikmah Balbeid dan Matsui Seiji, serta Wawan Supriyanto.

Ia juga memberikan penghargaan kepada Toyama Muslim Center (TMC) atas peran sertanya memberikan bantuan logistik khususnya kepada WNI terdampak gempa.(man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs