Rabu, 1 Mei 2024

Israel: Presiden Argentina Janji Pindahkan Kedutaan Besar ke Yerusalem

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Israel: Presiden Argentina Janji Akan Pindahkan Kedutaan Besar ke Yerusalem Javier Milei Presiden Argentina. Foto: Antara

Pihak Israel mengatakan Javier Milei Presiden Argentina berjanji untuk memindahkan Kedutaan Besar Argentina dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Milei tiba di Israel haru Selasa (6/2/2024), untuk kunjungan resmi pertamanya ke Israel sejak menjabat pada Desember 2023. Dia disambut Israel Katz Menteri Luar Negeri Israel setibanya di Bandara Ben Gurion, seperti dilansir Antara, Rabu (7/2/2024).

Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Israel, Presiden Argentina mengatakan bakal memindahkan kedutaan besar negaranya ke Yerusalem.

“Tidak mengherankan jika Anda memilih untuk segera datang ke Israel untuk mendukung kami dalam perjuangan yang adil demi membela orang-orang Yahudi melawan Hamas,” kata Katz kepada Milei.

Milei dijadwalkan bertemu dengan Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel dan Isaac Herzog Presiden Israel dalam kunjungannya.

Dia juga berencana mengunjungi Tembok Barat atau yang dikenal dengan Tembok Ratapan (Tembok Al-Buraq) di kompleks Mesjid Al-Aqsa di wilayah Yerusalem Timur yang diduduki Militer Israel.

“Saya mengucapkan selamat kepada teman saya, Javier Milei Presiden Argentina, atas keputusannya memindahkan kedutaan ke Yerusalem,” kata Ben Gvir Menteri Keamanan Nasional Israel, di platform X.

Sekadar informasi, Yerusalem masih menjadi pusat konflik di Timur Tengah antara Israel dengan warga Palestina sejak 1967. Israel bersikeras menduduki secara ilegal.

Sementara itu, ada beberapa negara juga yang tmsudah memindahkan kedutaan mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem, termasuk Amerika Serikat, Kosovo, Guatemala, Honduras, dan Papua Nugini.(ant/sya/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
26o
Kurs