Selasa, 30 April 2024

Jokowi Presiden Akan Hadiri Forum Rektor Indonesia di Unesa Senin Besok

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Joko Widodo Presiden dijadwalkan hadir di Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia (FRI) 2024 pada Senin (15/1/2024) besok. Foto: BPMI Setpres

Joko Widodo Presiden dijadwalkan akan membuka Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia (FRI) 2024 di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa) II Lidah Wetan Surabaya, Senin (15/1/2024).

“Bapak Presiden Joko Widodo akan hadir langsung untuk memberikan pengarahan kepada kami para rektor dan pimpinan kampus yang tentunya tidak lepas dari penguatan peran perguruan tinggi untuk kemajuan bangsa dan negara,” kata Nurhasan Rektor Unesa yang juga ketua panitia, pada Minggu (14/1/2024).

Nurhasan mengatakan, forum rektor tahun ini mengusung tema “Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul, Inovatif, dan Adaptif Menuju Indonesia Emas 2045″.

Sejumlah agenda dan isu strategis yang dibahas, yakni penguatan transformasi perguruan tinggi untuk mendukung pembangunan manusia yang inklusif dan berkelanjutan guna mewujudkan SDM unggul menuju Indonesia emas 2045.

Selain itu, juga akan menyoroti perkembangan dinamika global yang menurutnya belakangan semakin penuh ketidakpastian. Sehingga, perguruan tinggi perlu merumuskan navigasi ketidakpastian politik global untuk harmonisasi strategi pembangunan yang berorientasi pada manusia dan budaya Indonesia.

Pimpinan perguruan tinggi, lanjut Hasan, juga akan berupaya untuk terus melakukan penguatan transformasi struktural menuju resilient economy di tengah tantangan dan risiko stagflasi global untuk Indonesia yang berdaya saing, serta membahas terkait strategi investasi inklusif dan berkelanjutan.

Dalam FRI yang akan diikuti oleh pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan swasta se-Indonesia itu, selain akan dihadiri oleh Jokowi Presiden, juga dihadiri oleh beberapa pejabat negara seperti Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Selain itu, ada juga Pratikno Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Bahlil Lahadalia Menteri Investasi, hingga Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur.

“Jajaran pejabat negara atau menteri akan memberikan penguatan atau pengarahan seputar berbagai isu penting tersebut yang nantinya akan diterjemahkan dalam bentuk program kerja Forum Rektor Indonesia dan perguruan tinggi Indonesia ke depan. Dari forum ini nanti bakal ada beberapa rekomendasi penting untuk kita bersama,” katanya.

Sebagai informasi, FRI akan diadakan pada 15-16 Januari 2024. Selain terdapat Pleno FRI, sidang komisi dan pemilihan pengurus baru FRI, pada akhir acara akan dilakukan aksi sadar lingkungan berkelanjutan dengan menanam dua juta pohon di sekitar Unesa Kampus II yang juga merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). (ris/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs