Senin, 6 Mei 2024

Unesa Raih Status Kampus Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ma'ruf Amin Wakil Presiden RI, bersama Nurhasan Rektor Unesa dan Siti Nur Azizah Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi, setelah Unesa menerima penghargaan badan publik 'Informatif' dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, (19/12/2023). Foto Unesa Ma'ruf Amin Wakil Presiden RI, bersama Nurhasan Rektor Unesa dan Siti Nur Azizah Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi, setelah Unesa menerima penghargaan badan publik 'Informatif' dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, (19/12/2023). Foto Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dinobatkan sebagai badan publik informatif oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, pada Selasa (19/12/2023).

Penghargaan itu diterima langsung oleh Nurhasan Rektor Unesa yang didampingi oleh jajaran direktorat. Dalam penerimaan penghargaannya, juga disaksikan langsung oleh Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI dan jajaran pimpinan Komisi informasi Pusat (KIP).

Nurhasan mengatakan bahwa status informatif yang didapat merupakan bukti komitmen Unesa dalam menjalankan amanat UU Keterbukaan Informasi Publik, baik di tingkat universitas maupun di tingkat fakultas dan program studi.

“Sebagai badan publik kita harus melayani hak civitas dan masyarakat untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Tata kelola informasi yang transparan ini benar-benar kita jalankan berdasarkan ketentuan yang ada di semua lini dan unit,” katanya.

Menurutnya, hal itu juga menjadi semangat seluruh civitas akademika untuk terus meningkatkan kualitas keterbukaan informasi publik.

Sementara itu, Siti Nur Azizah Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran atas kerja sama, kerja keras dan komitmennya dalam meningkatkan kualitas layanan dan tata kelola informasi publik di Unesa.

Ia menyebut, perjalanan panjang yang ditempuh untuk meraih status informatif sebagai badan publik kategori perguruan tinggi negeri dari KIP tidak mudah dan butuh perjuangan serta komitmen Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang dikelola bidang 4 lewat Direktorat Humas dan Informasi Publik.

“Tentu ini suatu kebanggaan dan pencapaian istimewa bagi kami. Karena persiapan, monitoring dan evaluasinya panjang sekali sampai presentasi dan mendapat penghargaan luar biasa ini. Ini sejarah, karena sebelumnya kita hanya bisa di level menuju informatif dan level informatif ini harus kita pertahankan ke depan,” tandasnya.(ris/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs