Sabtu, 27 April 2024

Jokowi Ucapkan Selamat Hari Nyepi 2024 kepada Umat Hindu di Seluruh Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi Nyepi. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi 2024 kepada Umat Hindu di Tanah Air yang hari ini, Senin (11/3/2024), melaksanakan ritual Catur Brata Penyepian.

Lewat akun Instagram, Presiden menyampaikan harapan supaya Umat Hindu diberikan kelancaran dalam melaksanakan ibadah.

“Rahajeng Rahina Nyepi 2024. Warsa Anyar Caka 1946,” tertulis di akun @jokowi.

Berdasarkan Surat Edaran Parisada Hindu Dharma Indonesia, Catur Brata Penyepian merupakan ritual tahunan yang memiliki semangar kultural dengan sejumlah pantangan.

Antara lain, tidak ada bunyi pengeras suara, dan tidak menyalakan lampu di malam hari. Ritual itu dikecualikan buat yang sakit atau kondisi tertentu dengan alasan kemanusiaan.

Sebelumnya, Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama mengimbau, Umat Islam dan Hindu saling menghormati perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1946 yang beriringan dengan awal Ramadan 1445 Hijriah.

Menurut Yaqut, Nyepi dan Ramadan merupakan momentum yang baik bagi Umat Hindu dan Islam untuk melakukan instrospeksi diri.

Umat Hindu melakukan Catur Brata Penyepian, yaitu Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak menikmati hiburan/bersenang-senang).

Sementara, Umat Islam harus berpuasa tanpa makan dan minum serta menahan hawa nafsu dari Subuh sampai Maghrib selama Bulan Suci Ramadan.

Dengan semangat instrospeksi, Menteri Agama menekankan pentingnya sikap saling menghormati dalam perbedaan ekspresi keagamaan.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs